Profil Lee Young-jun, Penyerang Korea Selatan yang Cederai Justin Hubner, Ternyata Rekan Setim Pratama Arhan
Penyerang Timnas Korea Selatan U-23, Lee Young-jun. (instagram.com/2ojun)
11:12
27 April 2024

Profil Lee Young-jun, Penyerang Korea Selatan yang Cederai Justin Hubner, Ternyata Rekan Setim Pratama Arhan

Mengenal lebih jauh sosok Lee Young-jun, penyerang Korea Selatan U-23 yang melanggar bek Timnas Indonesia U-23, Justin Hubner, hingga dikartu merah.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 baru menuntaskan laga perempatfinal Piala Asia U-23 2024 kontra Korea Selatan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4) dini hari WIB.

Pada pertandingan tersebut, skuad Garuda Muda berhasil menang lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 melawan Korea Selatan U-23 di waktu normal dan Extra Time.

Timnas Indonesia U-23 mampu unggul terlebih dahulu atas lawannya itu berkat Brace Rafael Struck di menit ke-15 dan di menit ke-45+3.

Tapi Korea Selatan U-23 bisa mencetak gol balasan di menit ke-45 lewat gol bunuh diri Komang Teguh dan gol dari Jeong Sang-bin di menit ke-84.

Di laga tersebut, Korea Selatan U-23 harus menerima kenyataan bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-70. Hal ini lantaran pemainnya, Lee Young-jun, mendapat kartu merah.

Kartu merah itu diterimanya setelah melakukan pelanggaran keras ke Justin Hubner. Setelah wasit me-Reviewpelanggaran itu VAR, kartu merah pun diterima olen Lee Young-jun.

Bagi sebagian pihak, kartu merah itu membuat Korea Selatan U-23 tumbang dari Timnas Indonesia U-23. Lantas, siapakah sosok Lee Young-jun tersebut?

Rekan Pratama Arhan di Suwon FC

Lee Young-jun merupakan penyerang Korea Selatan U-23 yang lahir di Suwon pada 23 Mei 2003 atau saat ini berusia 20 tahun.

Saat ini, Lee Young-jun berstatus penggawa Suwon FC, atau merupakan rekan setim bek Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan.

Kiprah Lee Young-jun di sepak bola bermula di kampung halamannya sendiri, yakni bersama akademi Suwon FC.

Setelah memasuki usia sekolah, pemain berpostur 190 cm ini bermain untuk tim sekolahnya seperti FC Mohyeon, Eonnam High School, dan Shinpyeong High School.

Pada tahun 2020, Lee Young-jun kemudian kembali ke Suwon FC dan bermain untuk tim U-18.

Tak butuh waktu lama, ia pun berhasil menembus tim senior pada tahun 2021.

Dalam perjalanannya bersama Suwon FC, Lee Young jun sempat dipinjamkan ke klub K League 2, Gimcheon Sangmu, hingga pertengahan musim 2024 ini.

Di masa peminjamannya itu, la tampil apik untuk ukuran penyerang muda dengan mencetak 4 gol dan 2 assist dari 17 pertandingan baik di K League 2 dan K League 1.

Sedangkan bersama Suwon FC, Lee Young-jun telah tampil sebanyak 31 kali dan mencetak 1 gol serta 2 assist bagi tim masa kecilnya itu.

Ketajaman Lee Young-jun sejatinya tak diragukan lagi. Di Piala Asia U-23 2024 ini, dirinya berstatus top skor sementara dengan 3 gol bersama dua bintang Arab Saudi, Aiman Yahya dan Ab-dulla Radif.

Maka tak mengherankan jika kartu merah yang diterimanya karena melanggar Justin Hubner diyakini berimbas banyak kepada kekalahan Korea Selatan U-23 dari Timnas Indonesia U-23.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #young #penyerang #korea #selatan #yang #cederai #justin #hubner #ternyata #rekan #setim #pratama #arhan

KOMENTAR