Misteri Hilangnya Tayangan VAR, Timnas Indonesia Sengaja Digembosi Wasit?
Momen gol kedua Irak ke gawang timnas Indonesia yang seharusnya offside. (X/@bahaspemainbola)
15:48
16 Januari 2024

Misteri Hilangnya Tayangan VAR, Timnas Indonesia Sengaja Digembosi Wasit?

Kekalahan yang dialami Timnas Indonesia saat berjumpa Irak pada pertandingan pertama Grup D Piala Asia 2023 turut diiringi sejumlah kontroversi. Salah satunya misteri hilangnya tayangan VAR pada laga ini.

Momen kontroversial ini terjadi ketika tayangan ulang insiden yang tidak muncul dalam analisis VAR membuat Timnas Indonesia kebobolan gol kedua Irak pada duel yang berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Senin (15/1/2024).

Kubu Timnas Indonesia mengklaim bahwa gol yang dicetak Osama Rashid pada menit ke-45+7 tidak sah. Sebab, proses terciptanya gol ini turut diwarnai kontroversi karena sempat berbau offside.

Akibatnya, PSSI resmi melayangkan protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) seusai pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Irak yang berakhir kekalahan dengan skor 1-3 tersebut.

Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan, mengakui bahwa protes yang dilayangkan oleh PSSI memang tidak akan mengubah hasil pertandingan melawan Irak. Namun, harapannya protes ini bisa membuat AFC berbenah.

Momen kontroversial yang dimaksud ialah ketika beberapa detik sebelum gol yang dicetak Osama Rashid, terdapat sebuah sequence of play yang menampakkan posisi Mohanad Ali dalam posisi offside ketika menyundul bola.

Dia sudah berada dalam posisi offside sebelum menyundul bola saat Osama Rashid menendang bola menyambut umpan silang Ali Adnan. Momen inilah yang disebut-sebut publik membuat gol tersebut seharusnya tidak sah.

Padahal, sebetulnya wasit asal Uzbekistan, Ilgiz Tantashev, sempat menjalin komunikasi dengan wasit VAR, Salman Falahi (Qatar) dan asistennya, Sivakorn Pu-Udom (Thailand). Dari hasil komunikasi ini, Ilgiz tetap mengesahkan gol tersebut.

Selain itu, kontroversi lainnya yang mencuat ialah karena tayangan ulang insiden yang tampak dalam siaran langsung pertandingan Timnas Indonesia kontra Irak hanya diambil lewat keputusan VAR yang menampilkan satu angle saja.

Padahal, dalam satu angle yang tayangannya sudah beredar luar si media sosial itu, tendangan Osama Rashid terlihat mengenai bola sebelum disundul Mohanad Ali.

Dalam pengambilan keputusan melalui VAR, biasanya wasit akan melihat tayangan ulang dari berbagai angle kamera yang menampilkan momen-momen sequence of play insiden yang menuai perdebatan.

Salah satu kemungkinan yang terjadi ialah wasit VAR hanya menggunakan tayangan ulang sequence of play melalui angle yang berbeda untuk mengambil keputusan. 

Momen-momen inilah yang menuai perdebatan dari pertandingan tersebut. Bahkan, Shin Tae-yong sempat tertangkap kamera melontarkan protesnya kepada wasit keempat menjelang dimulainya babak kedua.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #misteri #hilangnya #tayangan #timnas #indonesia #sengaja #digembosi #wasit

KOMENTAR