Piala Asia 2023: Gol Irak Berbau Offside, Timnas Indonesia Tertinggal 1-2 di Babak Pertama
Aksi pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan saat melawan Irak dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 (Dok. PSSI)
05:36
16 Januari 2024

Piala Asia 2023: Gol Irak Berbau Offside, Timnas Indonesia Tertinggal 1-2 di Babak Pertama

Timnas Indonesia sementara tertinggal di babak pertama dari Irak dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bi Ali, Al-Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB.  Diwarnai gol kontroversi Irak di akhir babak pertama, skuad Garuda tertinggal 1-2.

Pertandingan berlangsung sengit. Timnas Indonesia tak cuma bertahan, namun bisa memberikan perlawanan ke gawang Irak.

Pada menit ketiga gawang Timnas Indonesia terancam lewat free-kick Irak. Untung sundulan Ali Jasim melenceng sisi kiri.

Penyerang timnas Irak #10 Mohanad Ali mencetak gol pertama timnya pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 15 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.Penyerang timnas Irak #10 Mohanad Ali mencetak gol pertama timnya pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 15 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Timnas Indonesia mendapat peluang emas pada menit kelima. Berawal dari lemparan jauh Pratama Arhan, Marselino Ferdinan tendangannya mengenai mistar gawang.

Selepas itu, Timnas Indonesia lebih banyak bertahan. Justin Hubner Cs cukup berhasil membuat gawang tim Merah Putih menjadi lebih aman.

Menit ke-16 Irak akhirnya bisa mencetak gol. Berawal dari blunder Marselino Ferdinan, Mohanad Ali tak terbendung. Melewati Justin Hubner dan Elkan Baggott, tendangan Ali tdak bisa diantisipasi Ernando Ari. Skor 1-0.

Timnas Indonesia mencoba keluar dari tekanan. Tertinggal 0-1 memaksa Marselino Ferdinan Cs melakukan serangan ke gawang Irak.

Striker Irak Mohanad Ali sudah lebih dulu dalam posisi offside ketika menyundul bola yang dalam prosesnya berhasil dihalau kiper timnas Indonesia Ernando Ari. Namun, wasit tak menggubris hal itu hingga beberapa detik kemudian Irak benar-benar mencetak gol lewat Osama Rashid dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar pada Senin (15/1/2024). [AFP]Striker Irak Mohanad Ali sudah lebih dulu dalam posisi offside ketika menyundul bola yang dalam prosesnya berhasil dihalau kiper timnas Indonesia Ernando Ari. Namun, wasit tak menggubris hal itu hingga beberapa detik kemudian Irak benar-benar mencetak gol lewat Osama Rashid dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar pada Senin (15/1/2024). [AFP]

Menit ke-25 Timnas Indonesia mendapatkan peluang sangat bagus. Yakob Sayuri yang mendapat bola mengoper ke Rafael Struick. Sayang, Rafael tidak bisa memanfaatkannya menjadi gol.

Timnas Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Yakob Sayuri bermain sangat manis sukses melewati pemain Irak. Marselino Ferdinan yang mendapat bola operan sukses mencatatkan namanya di papan skor. Imbang 1-1!

Jelang babak pertama berakhir, Irak mencetak gol lagi. Berawal dari kemelut Osama Rashid mencatatkan namanya di papan skor. Namun, gol Irak ini berbau offiside. Namun, setelah dicek VAR wasit tetap sahkan gol tersebut.

Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan, Timnas Indonesia sementara tertinggal 1-2.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Irak

Timnas Indonesia (3-5-2): Ernando Ari Sutaryadi; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Timnas Irak (4-3-3): Jalal Hassan; Hussein Haydar, Suad Natiq, Ali Adnan, Merchas Ghazi; Ibrahim Bayesh, Zidane Iqbal, Amir Fouad, Ali Jasem, Osamah Jabbar; Mohanad Ali.

Pelatih: Jesus Casas.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #piala #asia #2023 #irak #berbau #offside #timnas #indonesia #tertinggal #babak #pertama

KOMENTAR