Timnas Indonesia U-23 Terancam Cuma Bawa 20 Pemain Lawan Australia
Skuat Timnas Indonesia U-23 di laga perdana Piala Asia U-23 melawan Qatar (pssi.org)
21:12
17 April 2024

Timnas Indonesia U-23 Terancam Cuma Bawa 20 Pemain Lawan Australia

Timnas Indonesia U-23 terancam cuma bisa membawa 20 dari maksimal 23 pemain saat menghadapi Australia U-23 dalam matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024, Kamis (18/4/2024).

Hal itu bisa terjadi karena beberapa faktor yakni ketersediaan pemain dan sanksi larangan bertanding akibat menerima kartu merah.

Timnas Indonesia U-23 memulai Piala Asia U-23 dengan hanya bermodalkan 22 pemain. Satu pemain yakni Justin Hubner masih ditahan Cerezo Osaka setidaknya hingga 17 April ini.

Dari 22 pemain tersebut, dua pemain dipastikan tidak bisa tampil menghadapi Australia karena menerima kartu merah saat Garuda Muda takluk 0-2 dari tuan rumah Qatar pada Senin (14/4/2024).

Mereka adalah Ivar Jenner yang mendapat dua kartu kuning, serta Ramadhan Sananta yang dikartu merah langsung jelang laga berakhir.

Situasi tersebut membuat pelatih Shin Tae-yong terancam cuma bisa membawa 20 pemain saat menghadapi Australia U-23 dalam matchday kedua yang begitu penting dimenangkan.

Justin Hubner Saat Berseragam Cerezo Osaka. (Instagram/justinhubner5)Justin Hubner Saat Berseragam Cerezo Osaka. (Instagram/justinhubner5)

Justin Hubner memang bakal jadi tambahan berharga bagi Timnas Indonesia U-23. Namun, merujuk fakta di lapangan, bek 20 tahun itu dimainkan Cerezo Osaka pada Rabu (17/3/2024).

Hubner bahkan diberi kesempatan untuk pertama kali menjadi starter dan bermain penuh saat Cerezo Osaka mengalahkan Grulla Morioka di babak kedua Piala Liga Jepang 2024.

Artinya, tenaga Hubner telah terkuras bersama Cerezo Osaka dan jika mampu sampai Qatar tepat waktu pada Kamis (18/4/2024), dirinya tidak punya waktu banyak untuk pemulihan dan berlatih.

Hubner kemungkinan tidak akan diturunkan Shin Tae-yong saat menghadapi Australia. Alhasil, hanya 20 pemain yang diperkirakan tersedia untuk laga tersebut.

Pos yang ditinggalkan Ivar Jenner kemungkinan bakal diisi Arkhan Vikri, sementara Ramadhan Sananta merupakan pelapis dari Rafael Struick sehingga absennya mungkin tak akan terlalu banyak memengaruhi strategi pelatih.

Sedangkan tanpa Hubner, Shin Tae-yong memainkan Muhammad Ferarri, Rizky Ridho dan Komang Teguh di posisi bek tengah dalam formasi 3-4-3. Kemungkinan, tiga pemain itu bakal kembali turun saat menghadapi Australia.

Timnas Indonesia U-23 saat ini menduduki dasar klasemen Grup A Piala Asia U-23 2024 buntut kekalahan dari Qatar. Mereka wajib menang atas Australia untuk menjaga peluang lolos ke babak delapan besar.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #terancam #cuma #bawa #pemain #lawan #australia

KOMENTAR