Belum Gabung TC Timnas Indonesia di Dubai, Alfeandra Dewangga Ternyata Jalani Operasi
Pesepak bola Timnas Indonesia U-23, Alfeandra Dewangga Santosa (kanan) bersiap menendang bola saat melawan Timnas Vietnam U-23 dalam pertandingan babak Final Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023). ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI/mrh/hp. (ANTARA FOTO/HO Humas PSSI)
15:06
3 April 2024

Belum Gabung TC Timnas Indonesia di Dubai, Alfeandra Dewangga Ternyata Jalani Operasi

Bek PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga menjadi salah satu dari sedikit pemain yang belum bisa bergabung dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia U-23 di Dubai.

Alasan Dewangga terlambat bergabung dengan skuad Garuda Muda dalam persiapan menuju Piala Asia U-23 2024 diungkap oleh PSIS Semarang.

Bek yang turut membawa Timnas Indonesia menjuarai SEA Games 2023 lalu itu dikabarkan harus menjalani operasi kecil karena ada benjolan di dekat ketiak kirinya.

Dewangga menjalani operasi di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur pada Selasa (1/4) pagi.

Menyitat laman resmi PSIS Semarang, Dewangga menjalani operasi di bawah pengawasan dokter Timnas Indonesia.

Dia memutuskan naik meja operasi setelah mengeluh adanya ketidaknyamanan di ketiak kirinya sebelum laga kontra Barito Putera pada 29 Maret lalu.

Kondisi Alfeandra Dewangga usai menjalani operasi. [Dok Pribadi]Kondisi Alfeandra Dewangga usai menjalani operasi. [Dok Pribadi]

Meski kondisi fisik bermasalah, PSIS menyebut tetap berkomitmen untuk melepas Dewangga ke Timnas Indonesia sehingga sang pemain tetap berangkat ke Jakarta.

Setelah diobservasi dokter Timnas Indonesia, Dewangga pun diminta melakukan tindakan operasi kecil dan menunda keberangkatan ke Dubai.

"Kemarin sebelum lawan Barito Putera sudah sakit, namun tetap bisa main dan setelah itu saya tetap berangkat ke Jakarta," kata Dewangga.

"Namun kondisinya memang harus operasi kecil. Terkait keberangkatan ke Piala Asia U23, saya menunggu instruksi aja dan melihat kondisi saya."

Dokter Timnas Indonesia menyebut Dewangga harus menjalani masa pemulihan sekitar 5 hingga 7 hari. Di luar itu, dia akan menunggu kapan mendapat perintah untuk berangkat ke Dubai.

"Tadi dokter juga sampaikan butuh waktu recovery 5 hari sampai 1 minggu," ujar Dewangga.

Timnas Indonesia U-23 telah bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (1/4/2024). Tim asuhan Shin Tae-yong direncanakan menjalani TC selama 10 hari yang di dalamnya juga ada dua laga uji coba kontra Arab Saudi dan UEA.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A pada Piala Asia U-23 2024. Mereka akan saling sikut untuk mengamankan tiket fase knock-out dengan tuan rumah Qatar, Yordania dan Australia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #belum #gabung #timnas #indonesia #dubai #alfeandra #dewangga #ternyata #jalani #operasi

KOMENTAR