Profil Do Hung Dung, Kapten Vietnam yang Sebut Lemparan Jauh Pratama Arhan Pakai Cara Curang
Do Hung Dung dipanggil Park Hang-seo ke timnas Vietnam U-23 untuk SEA Games 2021. (The Thao247)
13:48
26 Maret 2024

Profil Do Hung Dung, Kapten Vietnam yang Sebut Lemparan Jauh Pratama Arhan Pakai Cara Curang

Nama Do Hung Dung tengah jadi perbincangan hangat publik Tanah Air usai menyebut Pratama Arhan berbuat curang lewat lemparan ke dalamnya.

Pernyataan itu dilontarkan Do Hung Dung pasca Vietnam menelan kekalahan dari Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (21/3/2024).

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBK), Senayan, Jakarta, Vietnam kalah dengan skor tipis 0-1 dari tuan rumah Timnas Indonesia.

Gol semata wayang di laga ini dicetak Egy Maulana Vikri memanfaatkan kemelut di kotak penalti Vietnam hasil lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Momen ini terjadi di babak kedua tepatnya menit ke-52, bola hasil lemparan Pratama Arhan gagal diantisipasi dengan benar oleh bek Vietnam.

Sapuan bek Vietnam justru mengarah ke Egy Maulana Vikri yang berdiri bebas dan tinggal menceploskan bola ke gawang kawalan Filip Nguyen.

Do Hung Dung tak menyukai hal itu dan mengatakan Pratama Arhan telah berbuat curang saat melakukan lemparan ke dalam.

Kapten Vietnam ini merasa bahwa Arhan berlari nyaris lebih dari 10 meter sebelum melakukan lemparan ke dalam.

"Dalam situasi yang berujung kekalahan, timnas Indonesia diperbolehkan melakukan lemparan dari posisi lebih jauh," ucap Do Hung Dung.

"Pratama Arhan berbuat curang, lari-lari melanggar batas hampir 10 meter. Beberapa Vietnam tidak bisa turun tepat waktu," lanjutnya.

"Saya memprotes ke wasit, tapi dia tidak memerhatikan, hanya melihat apa yang terjadi di area penalti," tuturnya menambahkan.

Timnas Indonesia dan Vietnam masih akan dipertemukan di laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, digelar pada Selasa (26/3/2024).

Pertandingan ini akan menjadi penentu banyak hal, mulai dari nasib Vietnam, nasib Philippe Troussier hingga rekor yang terjaga selama 20 tahun.

Khusus untuk Timnas Indonesia, selama 20 tahun belum pernah menang lagi melawan Vietnam ketika bermain di Stadion My Dinh.

Kali terakhir kemenangan didapat pada Piala Tiger atau AFF 2004, saat itu Boaz Solossa dkk membantai Vietnam dengan skor 3-0.

Profil Do Hung Dung

Nama Lengkap: Do Hung Dung
Tanggal lahir / Umur: 8 Sep 1993 (30 Tahun)
Tempat kelahiran: Yên Viên
Kewarganegaraan: Vietnam
Tinggi: 1,70 m
Posisi: Gel. Tengah
Pemain Interasional saat ini: Vietnam
Jumlah penampilan / Gol: 37 / 1

Karier Klub

2015 (Ha Noi Youth - Hanoi FC).

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #hung #dung #kapten #vietnam #yang #sebut #lemparan #jauh #pratama #arhan #pakai #cara #curang

KOMENTAR