Ternyata Ini yang Bikin Timnas Vietnam Susah Pecat Philippe Trousier
Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier (tengah) saat pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
00:30
25 Maret 2024

Ternyata Ini yang Bikin Timnas Vietnam Susah Pecat Philippe Trousier

Masa depan Philippe Troussier sebagai pelatih Timnas Vietnam dipertanyakan, tetapi VFF menghadapi kompensasi sebesar Rp14 miliar jika memecat nya.

Fans Vietnam kecewa dengan hasil buruk selama era Troussier, yang melihat tim kalah dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Kekalahan dari Indonesia pada matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat situasi semakin kacau, dengan fans menyuarakan ketidakpuasan pada kinerja pelatih Troussier.

Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier (kiri) memberikan arahan saat pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier (kiri) memberikan arahan saat pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Baca Juga: STY Ungkap Kondisi Beberapa Pemain Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam di Hanoi

Meskipun begitu, memecat Troussier bukan keputusan yang mudah karena ia masih memiliki kontrak dengan VFF hingga Juli 2026.

Kompensasinya Miliaran

Di kalangan fans Timnas Vietnan, Philippe Troussier bukan figur yang populer. Usai gagal mencapai target di Piala Asia 2023 lalu, mulai muncul suara agar pria asal Prancis itu dipecat dari posisi pelatih The Golden Star.

Namun, dikutip dari Dan Tri, memecat Troussier bukan perkara yang mudah bagi VFF. Sebab, karena masih terikat kontrak hingga 2026, angka kompensasi pemecatan Troussier sangat tinggi.

VFF dilaporkan harus membayar hingga 40 miliar VND (sekitar Rp14 miliar) jika memecat Troussier. Nilai tersebut adalah angka kompensasi yang harus dibayarkan jika VFF menyudahi kontrak kerja Troussier lebih awal.

Jika Vietnam Terus Kalahan

Performa Timnas Vietnam di bawah Philippe Troussier belum memuaskan, dan jika tren ini berlanjut, tekanan pada pelatih berusia 69 tahun itu kemungkinan akan semakin tinggi. Tuntutan untuk memecatkannya juga semakin kuat.

Namun, menurut laporan dari Dan Tri, VFF telah memastikan adanya klausul khusus dalam kontrak yang memungkinkan Troussier dipecat tanpa kompensasi. VFF dapat memutuskan untuk memecat Troussier tanpa membayar biaya apapun jika performa tim terus menurun, sesuai dengan ketentuan yang tertulis dalam kontrak.

"VFF dan pelatih Troussier akan menangani masalah kontrak sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati dan ditandatangani," demikian dilaporkan oleh Dan Tri.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #ternyata #yang #bikin #timnas #vietnam #susah #pecat #philippe #trousier

KOMENTAR