Mode Senyap Puan Maharani, Tiba-tiba Sudah Tanda Tangani Dokumen Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, tetapi Telat ...
Kolase foto Puan Maharani dan Titiek Soeharto. [Dok. DPR RI/Instagram]
16:48
14 Maret 2024

Mode Senyap Puan Maharani, Tiba-tiba Sudah Tanda Tangani Dokumen Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, tetapi Telat ...

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, melakukan pekerjaan dengan mode senyap saat menandatangani dokumen naturalisasi dua pemain keturunan, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Tanda tangan yang diberikan Puan Maharani ini turut menandai berjalannya proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Sebab, setelah dokumen itu diteken, selanjutnya akan diberikan kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi X dan III DPR RI yang sudah menyetujui permohonan kewarganegaraan ketiga pemain tersebut.

“PSSI mengucapkan terima kasih kepada Komisi X dan III DPR yang selama ini selalu membantu PSSI terkait program naturalisasi. Terima kasih juga kepada Ketua DPR, Puan Maharani, yang telah menandatangani permohonan pewarganegaraan ini,” kata Yunus Nusi dilansir laman resmi PSSI.

Seiring dengan berakhirnya tahapan-tahapan di tingkat DPR, maka kini publik hanya tinggal menunggu Presiden Joko Widodo menerbitkan surat Keputusan Presiden (Keppres) sebagai syarat administratif.

Keppres ini dibutuhkan agar Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa menjalani pengambilan sumpah setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham yang ditunjuk.

Sayangnya, saat ini waktu yang dimiliki oleh Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen untuk melangsungkan sumpah sebagai WNI sudah semakin menipis, jika tidak bisa dibilang sudah habis.

Pasalnya, pada saat yang bersamaan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah bekerjaran dengan waktu karena tenggat pendaftaran pemain untuk laga melawan Timnas Vietnam paling lambat pada Rabu (13/3/2024).

Melihat situasi semacam ini, maka pendukung Timnas Indonesia harus bersabar untuk menanti aksi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Keduanya diragukan tampil untuk memperkuat skuad Garuda saat menghadapi Vietnam.

Menurut jadwal, duel lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia menghadapi Vietnam itu bakal berlangsung pada 21 dan 26 Maret 2024 mendatang.

Padahal, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, sebelumnya sudah memastikan bahwa pemerintah akan membantu kelancaran proses naturalisasi kedua pemain ini.

“FIFA itu kan ada batas waktu ya, kalau enggak salah tanggal 18. Tadi pak Erick [Thohir, ketua umum PSSI] bilang. Kalau enggak salah ya, jadi lagi dikejar (proses naturalisasi) hari ini,” ucap Dito.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #mode #senyap #puan #maharani #tiba #tiba #sudah #tanda #tangani #dokumen #thom #haye #ragnar #oratmangoen #tetapi #telat

KOMENTAR