Thom Haye Diambang Sabet Predikat Pemain Termahal ASEAN, Kalahkan 'Messi Thailand'
Thom Haye. (Dok. PSSI)
21:18
8 Maret 2024

Thom Haye Diambang Sabet Predikat Pemain Termahal ASEAN, Kalahkan 'Messi Thailand'

Keputusan PSSI mengebut proses naturalisasi Thom Haye membuat gelandang keturunan itu diambang menyabet predikat pemain termahal Asia Tenggara (ASEAN).

Thom Haye, bersama Maarten Paes dan Ragnar Oratmangoen telah menghadiri rapat kerja Komisi X DPR RI berasma Kemenpora dan PSSI pada Kamis (7/3/2024).

Dalam kesempatan itu, pengajuan naturalisasi ketiga pemain keturunan tersebut telah disetujui.

Selanjutnya, berkas naturalisasi mereka akan dibahas Komisi III DPR RI, sebelum mendapat Keputusan Presiden (Keppres) untuk kemudian menjalani sumpah WNI.

Nama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bahkan masuk dalam daftar 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia mulai 17 Maret mendatang.

Alhasil, peluang Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen untuk mendapat status WNI sebelum bergulirnya Kualifikasi Piala Dunia 2026 di akhir Maret 2024 bisa terwujud.

Thom Haye Saat Berseragam SC Heerenveen. (Instagram/thomhaye)Thom Haye Saat Berseragam SC Heerenveen. (Instagram/thomhaye)

Andai proses naturalisasinya rampung, Thom Haye sudah ditunggu satu catatan impresif. Dia bakal jadi pesepak bola dengan harga pasar termahal di ASEAN.

Menyitat Transfermarkt, Thom Haye yang kini membela klub kasta teratas Liga Belanda (Eredivisie), SC Heerenveen dibandrol dengan harga RP52,14 miliar.

Nominal tersebut jadi yang terbesar di ASEAN, mengalahkan para pemain-pemain papan atas Asia Tenggara lain tak terkecuali 'Lionel Messi dari Thailand', Chanathip Songkrasin.

Chanathip Songkrasin saat ini memiliki harga pasar Rp17,38 miliar. Nominal itu setara dengan kompatriotnya, Supachai Jaided.

Sementara di belakang Thom Haye ada bek Timnas Indonesia Sandy Walsh yang dibandrol Rp26 miliar, diikuti pemain Filipina, Gerrit Holtmann yang diketahui punya harga pasar Rp34 miliar.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #thom #haye #diambang #sabet #predikat #pemain #termahal #asean #kalahkan #messi #thailand

KOMENTAR