Regulasi U-23 Hilang, Teco Minta Pemain Muda dan Senior Bali United Bersaing Sehat
Pelatih kepala Bali United, Teco. [dok. Bali United]
20:42
1 Maret 2024

Regulasi U-23 Hilang, Teco Minta Pemain Muda dan Senior Bali United Bersaing Sehat

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, yang akrab disapa Coach Teco, menekankan pemain muda dan senior harus berjuang sehat dalam memperebutkan tempat di starting XI pasca dihapusnya regulasi U-23 hingga berakhirnya Liga 1 2023-2024.

Menurut Teco, terlepas ada tidaknya regulasi yang mewajibkan setiap tim memainkan minimal satu pemain U-23 selama 45 menit di setiap laga, tidak memengaruhi keputusannya dalam memilih pemain.

Pelatih asal Brasil itu menyebut pantas tidaknya pemain untuk masuk skuat utama Bali United ditentukan oleh performa mereka sendiri.

“Pemain tidak perlu memikirkan regulasi, yang paling bagus (kinerja) itu yang main,” kata Stefano Cugurra dikutip pada Jumat (1/3/2024).

Meski menyikapi santai perubahan regulasi di Liga 1 2023-2024, Teco mengakui kurang setuju dengan keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) itu.

Pasalnya, ditangguhkannya regulasi pemain U-23 membuat tim-tim peserta perlu menyesuaikan ulang komposisi tim yang sudah terbentuk sejak awal musim.

Selebrasi pemain Bali United usai bobol gawang Persis Solo (Dok. Bali United)Selebrasi pemain Bali United usai bobol gawang Persis Solo (Dok. Bali United)

“Saya tidak setuju. Saya pikir regulasi awal, sewaktu kami buat tim, kami pikir soal regulasi tetap bisa harus di dalam tim ada berapa pemain dari U-23 agar sesuai regulasi, misalnya ada pemain cedera dari U-23, akumulasi kartu harus ada pemain lain,” kata Teco.

Walaupun regulasi tersebut dihapus, Coach Teco berharap akan ada persaingan yang sehat antara pemain senior dan pemain muda di tim.

“Pasti ada bersaing sehat di dalam tim. Pemain senior punya lebih pengalaman, pemain muda waktu dia main bisa tenang, main bagus,” katanya.

Sebelumnya, PSSI menyetujui amendemen aturan kewajiban menggunakan pemain U-23 di sisa musim Liga 1 2023/2024 yang diajukan resmi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 15 Februari 2024.

Sebelumnya, PSSI menyetujui perubahan regulasi terkait penggunaan pemain U-23 setelah diusulkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Regulasi tersebut mulai tidak berlaku pada pekan ke-27 Liga 1 2023/2024, memberikan kebebasan kepada klub untuk memilih komposisi pemain tanpa batasan pemain U-23 dalam starting XI.

Keputusan ini diambil sebagai dukungan kepada Timnas Indonesia U-23 yang akan bertanding di Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada April mendatang.

Tanpa adanya kewajiban memainkan pemain U-23, klub-klub Liga 1 diharapkan mau melepas pemainnya yang dipanggil ke tim nasional.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #regulasi #hilang #teco #minta #pemain #muda #senior #bali #united #bersaing #sehat

KOMENTAR