Timnas Indonesia U-16 Latihan Diiringi Musik, Apa Manfaatnya?
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. (pssi.org)
11:36
28 Februari 2024

Timnas Indonesia U-16 Latihan Diiringi Musik, Apa Manfaatnya?

Hal menarik terlihat saat Timnas Indonesia U-16 menggelar latihan. Ketika sedang melakukan pemanasan, alunan musik mengiringi para pemain berlatih.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto mengatakan metode latihan ini memang sengaja dilakukan. Salah satunya adalah menghilangkan rasa cemas pemain saat berlatih.

Intinya supaya pemain enjoy menikmati latihan. Walau belum sempurna, Timnas Indonesia U-16 berlatih dengan baik walau intensitas cukup tinggi.

"Karena kalau dari evaluasi tim psikolog ada masalah kecemasan pemain, sehingga saat pemain cemas atau takut salah, otomatis dia saat latihan tegang dan melakukan kesalahan,” ujar Nova Arianto di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

“Dan kita coba buat metode apa sih yang cocok agar pemain lebih enjoy. Kita pakai musik saat pemain datang dan mereka melakukan warming-up."

"Agar secara alam sadarnya ketika pagi (mereka) datang terkadang alam sadarnya masih di hotel, kita paksa dengan musik dia akan bangkit dan secara rileks akan lebih baik,” kata Nova.

Meski begitu, musik yang didengarkan tidak sembarangan sesuai arahan psikolog. Jika lebih atau kurang justru membuat latihan jadi terganggu.

“Tetapi, memang beat-nya kan berbeda-beda, kita sudah komunikasi dengan tim psikolog dan beat-nya akan di antara 79-90 karena kalau di atas itu akan kacau, begitupun kalau di bawah malah jadi tidur pemainnya,” kata Nova.

“Bitnya kita perhatikan, semoga metode yang kita buat ini akan menjadi maksimal,” pungkas sosok yang juga asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 dan senior.

Adapun Timnas Indonesia U-16 sedang menjaring pemain-pemain berpotensi. Sebab, skuad Garuda Asia diproyeksikan tampil di Piala AFF U-16 2024 dan Piala Asia U-17 2025.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #timnas #indonesia #latihan #diiringi #musik #manfaatnya

KOMENTAR