6 Pelatih Jebolan Piala Dunia yang Bakal Adu Strategi di Piala Asia 2023
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (pssi.org)
11:18
6 Januari 2024

6 Pelatih Jebolan Piala Dunia yang Bakal Adu Strategi di Piala Asia 2023

Piala Asia 2023 akan segera dimulai, menampilkan duel skill bintang dan strategi pelatih kelas dunia, termasuk mereka yang berpengalaman di ajang Piala Dunia.

Siapa saja mereka? Berikut pembahasan lengkapnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (pssi.org)

1. Shin Tae-yong – Indonesia

Shin Tae-yong, salah satu dari enam pelatih level Piala Dunia yang berkompetisi di Piala Asia 2023 Qatar, akan menangani Timnas Indonesia.

Sebelum menjadi pelatih, Shin Tae-yong adalah pemain Timnas Korea Selatan, tapi tidak pernah tampil di Piala Dunia saat aktif bermain.

Kesempatan Piala Dunia datang ketika ia menjadi pelatih Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018.

Meskipun Korea Selatan berhasil mengalahkan Jerman di laga terakhir grup, mereka tidak lolos ke babak berikutnya karena dua kekalahan sebelumnya melawan Swedia dan Meksiko.

Paulo Bento saat masih melatih timnas Portugal. [Francisco Leong/AFP]Paulo Bento saat masih melatih timnas Portugal. [Francisco Leong/AFP]

2. Paulo Bento – Uni Emirat Arab

Nama berikutnya dalam enam pelatih Piala Dunia yang berkompetisi di Piala Asia 2023 adalah Paulo Bento, 54 tahun, memimpin Uni Emirat Arab di Qatar.

Bento, berpengalaman sebagai pemain dan pelatih Piala Dunia, bermain untuk Timnas Portugal pada Piala Dunia 2002 dan menjadi pelatih pada Piala Dunia 2014 dan 2022.

Sebagai pelatih, dia membawa Portugal mencapai babak 16 besar pada Piala Dunia 2014, tetapi gagal di fase grup pada Piala Dunia 2022.

Dia juga berhasil membawa Korea Selatan melaju dari grup pada Piala Dunia 2022, tetapi mereka tersingkir di babak 16 besar oleh Brasil.

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold. [KARIM JAAFAR / AFP]Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold. [KARIM JAAFAR / AFP]

3. Graham Arnold – Australia

Pelatih berusia 60 tahun ini akan menangani tim Australia di Qatar. Arnold memimpin Timnas Australia pada Piala Dunia 2022 di Grup D bersama Denmark, Prancis, dan Tunisia.

Setelah kalah dari Prancis, Australia pulih dengan dua kemenangan melawan Denmark dan Tunisia, lolos sebagai runner-up grup.

Namun, perjalanan mereka berakhir di Babak 16 Besar setelah kalah dari Argentina, juara Piala Dunia 2022.

Arnold telah memimpin Australia dalam 52 pertandingan dengan catatan 29 kemenangan, tujuh hasil imbang, dan 16 kekalahan.

Pelatih kepala Timnas Vietnam, Philippe Troussier. [Nhac NGUYEN / AFP]Pelatih kepala Timnas Vietnam, Philippe Troussier. [Nhac NGUYEN / AFP]

4. Philippe Troussier – Vietnam

Philippe Troussier, 68 tahun, akan menangani Timnas Vietnam di Piala Asia 2023.

Ia sebelumnya memimpin Afrika Selatan pada Piala Dunia 1998 dan Timnas Jepang pada 2002, membawa Jepang melaju hingga Babak 16 Besar.

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]Pelatih Jepang Hajime Moriyasu bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]

5. Hajime Moriyasu – Jepang

Hajime Moriyasu, 55 tahun, akan menjadi pelatih Jepang di Piala Asia 2023 di Qatar.

Sebagai mantan pemain Timnas Jepang, ia tidak pernah bermain di Piala Dunia.

Sebagai pelatih pada Piala Dunia 2022, Jepang lolos dari grup E, mengalahkan Jerman dan Spanyol, tetapi tersingkir di Babak 16 Besar setelah kalah dalam adu penalti melawan Kroasia.

Mantan pelatih timnas Amerika Serikat Jurgen Klinsmann. EZEQUIEL BECERRA / AFPMantan pelatih timnas Amerika Serikat Jurgen Klinsmann. EZEQUIEL BECERRA / AFP

6. Jurgen Klinsmann – Korea Selatan

Jurgen Klinsmann menjadi pelatih keenam dalam daftar enam pelatih level Piala Dunia yang bersaing di Piala Asia 2023. Di Piala Asia, pelatih asal Jerman ini akan menangani timnas Korea Selatan.

Klinsmann memiliki pengalaman kaya di Piala Dunia, tercatat telah berpartisipasi dalam lima edisi turnamen ini, baik sebagai pemain maupun pelatih.

Dari lima partisipasinya, tiga di antaranya sebagai pemain andalan Timnas Jerman pada Piala Dunia 1990, 1994, dan 1998.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #pelatih #jebolan #piala #dunia #yang #bakal #strategi #piala #asia #2023

KOMENTAR