Bukti SUGBK Tidak Angker Buat Vietnam, Timnas Indonesia Tak Pernah Menang di Situ
Nguyen Filip menceritakan debut pertama bersama timnas Vietnam di Piala Asia 2023, namun tidak menyinggung Indonesia sama sekali. (the-afc.com)
13:18
22 Februari 2024

Bukti SUGBK Tidak Angker Buat Vietnam, Timnas Indonesia Tak Pernah Menang di Situ

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan pertemuan pertama dijadwalkan pada 21 Maret 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Garuda sudah memastikan diri lolos ke babak kedua setelah mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor agregat 12-0 pada play-off.

Dalam fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia, yang belum meraih kemenangan, telah menghadapi Irak (kalah 1-5) dan Filipina (bermain imbang 1-1).

Saat ini, tantangan berikutnya menanti dengan pertemuan melawan Vietnam.

Ternyata SUGBK Kurang Angker Bagi Timnas Vietnam

Menurut catatan laman RSSSF, pertemuan perdana antara Timnas Indonesia dan Vietnam (ketika masih Vietnam Utara) di SUGBK terjadi pada tahun 1963, dan pada saat itu,

Skuad Garuda berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-1. Selama beberapa puluh tahun berikutnya, pertemuan antara kedua tim sering diadakan di luar Jakarta, seperti di Bangkok dan Korea Selatan, melibatkan baik Vietnam Utara maupun Selatan.

Tepat pada tahun 1997, dalam ajang SEA Games, Vietnam akhirnya bisa merasakan rumput SUGBK. Namun, hasilnya Timnas Indonesia hanya mampu meraih hasil imbang 2-2.

SUGBK kembali menjadi tuan rumah ketika Timnas Indonesia bertemu dengan Vietnam dalam ajang Tiger Cup 2002 (Piala AFF), dan sekali lagi, pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2.

Kesempatan terakhir bagi SUGBK untuk menjadi venue pertandingan antara Timnas Indonesia dan Vietnam terjadi pada Januari 2023.

Meskipun dengan keinginan untuk menentukan pemenang, hasil akhirnya adalah seruas kaki atau 0-0.

Sejarah pertemuan ini menunjukkan sejumlah hasil imbang yang berulang, tetapi tetap menarik untuk menyaksikan bagaimana perjalanan kompetisi antara kedua tim ini akan berkembang di masa depan.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #bukti #sugbk #tidak #angker #buat #vietnam #timnas #indonesia #pernah #menang #situ

KOMENTAR