Putri Kusuma Wardani: Dari Semifinal Denmark Open 2024 Menuju Puncak Dunia!
Putri Kusuma Wardani kandas di tangan Wang Zhi Yi asal Tiongkok pada semifinal Denmark Open 2024. (Dok: PBSI)
17:42
19 Oktober 2024

Putri Kusuma Wardani: Dari Semifinal Denmark Open 2024 Menuju Puncak Dunia!

 

 - Laju Putri Kusuma Wardani di Denmark Open 2024 terhenti di semifinal. Meski begitu, pebulu tangkis berusia 22 tahun itu merasa bersyukur bisa menembus empat besar BWF World Tour Super 750 perdananya, dan langsung bertekad untuk mencapai prestasi lebih tinggi.

Putri KW harus mengakhiri petualangannya di semifinal Denmark Open 2024 setelah kandas di tangan Wang Zhi Yi dari Tiongkok. Dia menyerah dua gim langsung 20-22, 14-21 dalam partai pembuka yang berlangsung di Jyske Bank Arena, Odense, Sabtu (19/10).

Usai laga, pemain jebolan PB Exist Jakarta itu mengakui bahwa Wang Zhi Yi masih terlalu tangguh untuknya. Sebab, sang lawan yang merupakan unggulan kedua turnamen, sulit untuk dimatikan.

"Pertandingan hari ini cukup melelahkan, lawan bermain cukup baik dan sulit untuk dimatikan, beberapa kali saya memberi bola yang susah, tapi dia bisa mengatasi," kata Putri Kusuma Wardani dalam keterangan resmi PBSI.

"Jadi di gim pertama dan gim kedua saya menjadi terlalu nafsu untuk mengambil poin dari Wang Zhi Yi, karena dia benar-benar susah ditembus," tambah pemain kelahiran Tangerang, Banten ini.

Meski kalah dan terhenti, Putri KW merasa cukup puas dengan performanya di tur Eropa, khususnya di Denmark Open 2024. Menurutnya, tidak mudah bisa melaju hingga babak semifinal dalam turnamen Super 750.

Terlebih, Denmark Open 2024 juga jadi Super 750 pertamanya. Sebelumnya Putri KW kerap tersisih di babak-babak awal dalam turnamen level tersebut, apalagi Super 1.000.

"Saya berkesempatan untuk melawan pemain-pemain top dunia, khususnya hari ini saya melawan Wang Zhi Yi, saya belajar beberapa hal, salah satunya adalah saya harus lebih tahan daripada dia dan harus lebih berani capek dari pertandingan tadi," katanya.

Apa yang diutarakan Putri KW memang tak salah. Turnamen BWF World Tour Super 750 adalah kejuaraan yang hanya untuk para pemain top dunia saja. Tak ada fase kualifikasi yang ditempuh dan pemain/pasangan 10 besar dunia wajib ikut serta dalam turnamen level ini.

Nah Wang Zhi Yi, lawan Putri KW di semifinal, adalah penghuni nomor tiga dunia. Begitu pula dengan satu semifinal lain, An Se-young yang merupakan nomor dua dunia dan seniornya Gregoria Mariska Tunjung, menempati nomor delapan dunia.

"Ya semoga kedepan saya bisa lebih konsisten dengan performa saya di semua level pertandingan," harapnya.

"Dan, semoga nanti jika saya berkesempatan untuk main di World Tour super 1.000, saya bisa memberikan permainan yang lebih maksimal, semoga hasilnya pun bisa lebih baik dari hari ini," pungkas Putri KW.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #putri #kusuma #wardani #dari #semifinal #denmark #open #2024 #menuju #puncak #dunia

KOMENTAR