Pede Kalahkan Vietnam dan Imbangi Irak, Media Asing: Shin Tae-yong Mimpi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. (pssi.org)
14:36
11 Januari 2024

Pede Kalahkan Vietnam dan Imbangi Irak, Media Asing: Shin Tae-yong Mimpi

Media Vietnam, TheThao247 menyindir pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang disebut sedang bermimpi usai mengungkapkan target spesifik Garuda di Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong telah menyampaikan bahwa Timnas Indonesia menargetkan untuk bisa setidaknya menang sekali, imbang sekali dan kalah sekali di Grup D Piala Asia 2023.

Secara detail, Timnas Indonesia ingin menang atas Vietnam, mencoba imbang kontra Irak, dan bermain tanpa beban saat menghadapi raksasa Jepang.

Hal itu disampaikan Shin Tae-yong dalam wawancara bersama media Korea Selatan, Sports Seoul.

"Sesuatu yang tidak terduga mungkin terjadi. Semuanya atau tidak sama sekali. Saya memikirkan 1 kemenangan, 1 seri, dan 1 kekalahan di babak penyisihan grup," kata Shin Tae-yong.

"Saat melawan Vietnam, Indonesia harus menang, dan melawan Irak minimal harus imbang. Sebenarnya timnas Jepang berada di level lain. Ini tidak akan mudah, tapi saya berencana mempersulit mereka."

"Saya pikir kami bisa memberikan kejutan jika kami tidak melakukan kesalahan,” tambahnya.

Media Vietnam pun merespons target Shin Tae-yong itu. TheThao247 menganggap pelatih berusia 53 itu seperti tengah bermimpi dengan target tinggi itu.

"Pelatih [Timnas] Indonesia [Shin Tae-yong] menggambar naskah 'seperti mimpi' saat menghadapi Vietnam dan Jepang [di Piala Asia 2023]," tulis TheThao247 sebagai judul artikelnya, dikutip pada Kamis (11/1/2024).

Cuplikan Laga Uji Coba Antara Timnas Indonesia vs. Iran pada Selasa (09/01/2024) kemarin. (instagram.com/justinhubner05)Cuplikan Laga Uji Coba Antara Timnas Indonesia vs. Iran pada Selasa (09/01/2024) kemarin. (instagram.com/justinhubner05)

Timnas Indonesia ditarget PSSI untuk setidaknya lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Ini merupakan target besar menyusul dalam empat edisi sebelumnya, tim Merah Putih selalu terhenti di fase grup.

Shin Tae-yong yang menyanggupi target itu, menegaskan Timnas Indonesia secara matematis memiliki peluang untuk lolos. Apalagi, terdapat jalur lolos ke fase knock-out lewat salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik di fase grup.

Timnas Indonesia akan mengawali perjuangan di Piala Asia 2023 dengan menghadapi Irak. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan pada 15 Januari mendatang.

Sementara laga kedua Grup D akan mempertemukan Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada 19 Januari di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Laga ini dianggap krusial bagi kedua wakil ASEAN dalam memperbesar peluang merebut satu tiket ke babak 16 besar.

Sedangkan pada pertandingan ketiga atau pamungkas, Timnas Indonesia akan melawan Jepang yang secara matematis diunggulkan tak hanya lolos sebagai juara Grup D, tetapi juga menjadi kampiun ajang ini.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pede #kalahkan #vietnam #imbangi #irak #media #asing #shin #yong #mimpi

KOMENTAR