'Kantongi' Jordan Henderson, Calon Pemain Timnas Indonesia Thom Haye Akhirnya Dipanggil Belanda?
Gelandang SC Heerenveen, Thom Haye (paling kanan) merayakan gol timnya ke gawang Ajax pada laga lanjutan Eredivisie 2023/2024, Minggu (11/2/2024) malam WIB. [doc. Heerenveen]
12:36
12 Februari 2024

'Kantongi' Jordan Henderson, Calon Pemain Timnas Indonesia Thom Haye Akhirnya Dipanggil Belanda?

Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 15 tahun, SC Heerenveen berhasil mengalahkan tim raksasa Ajax di Eredivisie alias kompetisi kasta tertinggi Liga Belanda. Dalam pertandingan tersebut, calon pemain Timnas Indonesia, Thom Haye tampil gacor.

Pertandingan Heerenveen vs Ajax pada pekan ke-21 Eredivisie 2023/2024 ini digelar di Stadion Abe Lenstra, Minggu (11/2/2024 ) malam WIB. Dalam laga itu, Heerenveen yang diperkuat Thom Haye menang dengan skor 3-2.

Thom Haye tampil penuh 90 menit di pertandingan ini. Meski tak mencetak gol atau assist, Thom Haye di lini tengah mampu merepotkan pemain-pemain Ajax.

Bahkan, gelandang jangkar berusia 29 tahun itu hampir mencatatkan namanya di papan skor andai tendangannya di babak pertama tidak mengenai mistar gawang.

Penampilan Thom Haye sendiri sepanjang laga menuai pujian. Menghadapi gelandang-gelandang top Ajax seperti Kenneth Taylor dan Jordan Henderson, Thom Haye tetap mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya memainkan peran pivot.

Gelandang FC Heerenveen, Thom Haye. [doc. Heerenveen]Gelandang SC Heerenveen, Thom Haye. [doc. Heerenveen]

Jordan Henderson merupakan mantan kapten Liverpool dan pemain andalan Timnas Inggris.

Namun, keberadaan Henderson tak membuat Thom Haye minder. Gelandang berdarah Belanda - Indonesia itu muncul sebagai katalisator Heerenveen.

Secara statistik, Thom Haye pun menonjol. Menurut data WhoScored, Thom Haye mendapatkan nilai 7,5.

Eks gelandang AZ Alkmaar dan Lecce itu unggul jauh dari gelandang berpengalaman Timnas Inggris, Jordan Henderson yang mendapatkan nilai 6,9.

Karena itu, puja-puji pun mengalir kepada Thom Haye. Bahkan dari pantauan kolom komentar di media sosial Heerenveen, baik di X maupun Instagram, mulai muncul wacana dari fans lokal agar Thom Haye dipanggil ke Timnas Belanda senior untuk pertama kalinya.

Di level internasional, Thom Haye sudah memperkuat Oranje --julukan Timnas Belanda-- dari level U-15 sampai U-21. Namun, sang gelandang memang belum mencatatkan cap di tim senior.

Adapun kalau semuanya berjalan sesuai rencana, Thom Haye dalam waktu dekat akan menyandang status WNI dan bisa memperkuat Timnas Indonesia. Proses naturalisasinya dikabarkan segera masuk DPR.

Saat ini DPR sedang masa reses sehingga prosesnya agak macet. Namun, sang pemain diharapkan tetap bisa memperkuat Timnas Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret 2024.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #kantongi #jordan #henderson #calon #pemain #timnas #indonesia #thom #haye #akhirnya #dipanggil #belanda

KOMENTAR