Pelatih Ungkap Alasan An Se Young Tidak Main di Indonesia Masters 2024
An Se Young/Banu Adikara
22:18
5 Februari 2024

Pelatih Ungkap Alasan An Se Young Tidak Main di Indonesia Masters 2024

- Para pebulu tangkis tengah berburu poin. Tujuannya agar mereka bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Memang masih ada batasan dan aturan tertentu yang membuat pemain bisa melaju ke pesta olahraga terakbar di dunia itu. Seperti jumlah wakil di tiap nomor dan juga kuota setiap negara.

Namun, semua harus mempunyai strategi yang jitu saat tampil di berbagai turnamen. Sebab, BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia) sudah membagi-bagi puluhan turnamen berdasar kategori atau gradenya masing-masing. Dengan nilai total hadiah kejuaraan menjadi salah satu pertimbangan.

Sebagai salah satu negara besar di bulu tangkis, Indonesia mempunyai beberapa turnamen. Dengan salah satunya Indonesia Open yang masuk Super 1.000, grade turnamen perorangan tertinggi.

Jadi bisa dimaklumi, kalau dalam Indonesia Masters 2024, banyak pebulu tangkis papan atas dunia memilih absen. Salah satunya Ahn Seo Young dari Korea Selatan. Sebab, dengan peringkat tertinggi di tunggal putra, poin dan hadiah yang diraih dianggap tak sesuai dengan posisinya sekarang.

''Memang Ahn Seo Young tidak diprogramkan bermain di Indonesia Masters,'' kata Rony Agustinus, pelatih An Se Young asal Indonesia.

Beda dengan di All England 2024. Dalam kejuaraan yang dilaksanakan 12-17 Maret di Birmingam Arena itu, dia akan ikut ambil bagian. Bahkan, besat kemungkinan An Se Young akan menjadi unggulan pertama jika tidak mundur karena sesuatu hal.

Dengan tampil di turnamen tertua di dunia tersebut, poin yang dihasilkan akan besar. Tapi jika mundur, An Se Young bisa juga kena denda karena pebulu tangkis 10 besar diwajibkan tampil dalam turnamen Super 1.000.

Jadi, tidak semua pebulu tangkis bisa tampil di semua turnamen. Semua ada aturan dan juga ada strategi untuk bisa mengangkat rankingnya. (*)

Turnamen Berdasar Kategori di 2024

  • Super 1.000: All England, Indonesia Open, China Open, Malaysia Open
  • Super 750: China Masters, Denmark Open, French Open, Japan Open,India Open, Singapore Open
  • Super 500:Hongkong Open, Indonesia Masters, Korea Open, Malaysia Masters, Thailand Open, Australia Open, Canada Open, Artic Open, Kumamoto Masters
  • Super 300:German Open, Hylo Open, Korea Masters, Spain Masters Swiss Open, Syed Modi International, Taipei Open, Thailand Masters, US Open, Orleans Masters
  • Super 100:Abu Dhani Masters, Guwahati Masters, Hyderabad Open, Indonesia Masters 100 I, Indonesia Masters 100 II, Malaysia Super 100, Odisha Masters, Ruichang China Masters, Vietnam Open

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #pelatih #ungkap #alasan #young #tidak #main #indonesia #masters #2024

KOMENTAR