Profil Ole Romeny, Penyerang FC Utrecht Keturunan Indonesia
Striker FC Utrecht, Ole Romeny yang dikabarkan punya darah Indonesia. (Instagram/@oleromeny)
16:54
4 Februari 2024

Profil Ole Romeny, Penyerang FC Utrecht Keturunan Indonesia

Ole ter Haar Romeny menjadi satu lagi pemain keturunan yang masuk radar netizen Indonesia. Namanya muncul lewat unggahan akun Instagram @/futboll.indonesiaa.

Dari keterangan akun tersebut, Romeny merupakan pemain muda FC Utrecht yang berposisi sebagai penyerang, juga bisa berposisi di winger.

Kebetulan Timnas Indonesia disebut krisis penyerang tajam. Sehingga namanya bisa masuk radar PSSI dan Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi.

Terlebih ia cukup banyak mendapat kesempatan bermain bersama FC Utrecht di Liga Belanda musim 2023/24. Ia sudah tampil 12 kali dan mencetak satu gol.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Ole Romeny ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Ole Haar Romeny

Ole ter Haar Romeny lahir di Kota Nijmegen, Belanda, pada 20 Juni 2000. Disebutkan bahwa Romeny punya darah Indonesia dari sisi Ibunya. Neneknya dikabarkan lahir di Medan, Sumatera Utara.

Lahir dan besar di Nijmegen, Romeny sempat menimba ilmu sepak bola di NEC Nijmegen dari 2011. Pada 2018, ia kemudian promosi ke tim utama NEC Nijmegen.

Sayangnya pada debut di Eredivisie 2018/19, Romeny mendapat kartu merah yang membuatnya jadi pemain pertama Eredivisie yang mendapat kartu merah di laga debutnya. Beruntung kartu merah itu dicabut setelah NEC Nijmegen melayangkan banding.

Pada September 2020, ia sempat dipinjamkan ke Willem II selama satu musim. Lantas pada Januari 2022, ia dilego ke FC Emmen.

Selama paruh musim kedua 2021/22, Ole Romeny mencatatkan 12 penampilan dengan torehan 2 gol. Ia juga membantu FC Emmen menjuarai Eerste Divisie atau Liga 2 Belanda.

Bersama FC Emmen yang baru saja promosi ke Eredivisie 2022/23, Ole Romeny mencatatkan musim terbaiknya dengan torehan 12 gol dan 4 assist dari 39 penampilan di semua ajang.

Meski FC Emmen terdegradasi dari Eredivisie, Ole Romeny yang tampil impresif akhirnya dibeli oleh FC Utrecht.

Untuk kariernya di tim nasional sendiri, Ole Romeny sendiri pernah membela timnas berbagai kelompok umur Belanda, dari U-15 hingga terakhir U-20.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #profil #romeny #penyerang #utrecht #keturunan #indonesia

KOMENTAR