3 Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Liga Belgia, Teranyar Shayne Pattynama
Shayne Pattynama. (pssi.org)
16:12
2 Februari 2024

3 Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Liga Belgia, Teranyar Shayne Pattynama

Kepastian Shayne Pattynama bergabung dengan KAS Eupen membuat jumlah pemain Timnas Indonesia di Liga Belgia bertambah. Kini, terdapat tiga penggawa Garuda yang berkarier di negara tersebut. Siapa saja?

Shayne Pattynama bergabung dengan klub kasta teratas Liga Belgia (Pro Jupiler League), KAS Eupen dengan status bebas transfer.

Selain Shayne Pattynama, terdapat dua pemain Timnas Indonesia yang tengah berkarier di Liga Belgia. Berikut ulasannya.

1. Sandy Walsh

Sandy Walsh saat membela klubnya  (dok. KV Mechelen)Sandy Walsh saat membela klubnya (dok. KV Mechelen)

Sandy Walsh menjalani seluruh karier profesionalnya di Liga Belgia sejak bermain untuk tim muda Anderlecht pada Juli 2011.

Terkini, pemain berposisi bek sayap kanan itu masih berkarier di kasta teratas Liga Belgia bersama KV Mechelen.

Sandy Walsh bergabung dengan KV Mechelen pada Oktober 2020 setelah meninggalkan Zulte Waregem.

Musim ini, Sandy Walsh telah tampil dalam 20 pertandingan bersama KV Mechelen di Jupiler Pro League 2023-2024 dengan mencatatkan satu assist.

2. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan mencetak gol debut di Liga 2 Belgia atau Challenger Pro League 2022-2023 bersama KMSK Deinze dalam pertandingan kontra Virton dalam lanjutan play-off degradasi di Burgemeester Van de Wielestadion, Sabtu (22/4/2023). KMSK Deinze menan 3-1. [KMSK Deinze/Twitter]Marselino Ferdinan mencetak gol debut di Liga 2 Belgia atau Challenger Pro League 2022-2023 bersama KMSK Deinze dalam pertandingan kontra Virton dalam lanjutan play-off degradasi di Burgemeester Van de Wielestadion, Sabtu (22/4/2023). KMSK Deinze menan 3-1. [KMSK Deinze/Twitter]

Marselino Ferdinan berkarier di Liga Belgia setelah meninggalkan Persebaya Surabaya untuk bergabung dengan KMSK Deinze pada 31 Januari 2023.

Berbeda dengan Sandy Walsh, klub Marselino Ferdinan berkompetisi di kasta kedua Liga Belgia atau Challanger Pro League.

Sejauh musim ini, Marselino Ferdinan baru tampil empat kali di tim senior KMSK Deinze yang semuanya berlangsung di babak play-off degradasi.

Dalam periode tersebut, Marselino Ferdinan berhasil mengemas satu gol.

Meski jarang mendapat menit bermain di tim utama, Marselino juga kerap diturunkan KMSK Deinze di tim muda mereka.

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama Resmi Gabung ke Klub Liga 1 Belgia KAS Eupen (dok Shayne Pattynama)Shayne Pattynama Resmi Gabung ke Klub Liga 1 Belgia KAS Eupen (dok Shayne Pattynama)

Shyane sebelumnya menolak perpanjangan kontrak klub Norwegia, Viking FK dan membiarkan dirinya menjadi agen bebas sejak 31 Desember 2023.

Kini, pemain berposisi bek kiri itu resmi diperkenalkan sebagai pemain baru KAS Eupen, di mana dirinya dikontrak 2,5 tahun hingga 2026.

"Dilahirkan di Belanda dengan darah keturunan Indonesia, Shayne Pattynama telah resmi menandatangani kontrak berdurasi 2 1/2 tahun."

"Pemain ini akan menjadi bagian integral dari KAS Eupen hingga 30 Juni 2026," demikian diungkapkan oleh pihak KAS Eupen.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #yang #berkarier #liga #belgia #teranyar #shayne #pattynama

KOMENTAR