Timnas Indonesia Terus Tambah Pemain Naturalisasi, Erick Thohir: Tergantung...
Timnas Indonesia gagal menaklukkan Thailand, ini kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Instagram/@erickthohir)
23:12
9 Oktober 2024

Timnas Indonesia Terus Tambah Pemain Naturalisasi, Erick Thohir: Tergantung...

Ketua umum PSSI Erick Thohir buka suara perihal rumor penambahan pemain naturalisasi jika Timnas Indonesia bertanding.

Seperti diketahui, jelang pertandingan Bahrain vs Timnas Indonesia dalam lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tim Merah Putih mendapat dua pemain anyar naturalisasi, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers.

Ditegaskan oleh Erick Thohir soal penambahan kuota pemain naturalisasi di skuat Timnas Indonesia, sepenuhnya hasil pembicaraan antara ia dengan Shin Tae-yong serta staf pelatih.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Tiba di Bahrain, Maarten Paes Nyusul? [Instagram @indonesiainmanama]Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Tiba di Bahrain, Maarten Paes Nyusul? [Instagram @indonesiainmanama]

"Oh tidak memang semua bergantung daripada pembicaraan saya, pelatih dan sesuai dengan kebutuhannya," kata Erick Thohir kepada awak media, Rabu (9/10/2024).

Baca Juga: 4 Pemain Berpotensi Tak Masuk DSP Timnas Indonesia vs Bahrain, Maarten Paes Salah Satunya

"Tentu seperti tim U-17 dan U-20 banyak pemain yang bermain di Liga (Indonesia) direkrut, untuk tim senior pun dari komposisi 27 pemain mayoritas masih berasal dari Liga Indonesia," tambahnya.

Terkait ada keinginan dari pemain keturunan Indonesia di luar negeri yang punya keinginan untuk membela tim Merah Putih, mekanismenya kata Erick Thohir harus sesuai dengan ketentuan FIFA.

"Misalnya ada pemain diaspora atau dari luar negeri yang ingin bergabung, ya saya rasa peraturan sama seperti ketentuan FIFA bahwa dia berdarah Indonesia atau bermain di Liga Indonesia selama 5 tahun, di mana opsi itu yang sebelumnya dipakai oleh PSSI,"

Bek Keturunan Belanda-Indonesia, Kevin Diks. (instagram.com/@kevindiks2)Bek Keturunan Belanda-Indonesia, Kevin Diks. (instagram.com/@kevindiks2)

"Sekarang kita coba cari (pemain) darah Indonesia. Tergantung kesepakatan antar pemain terhadap program yang dibuat oleh PSSI," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Erick Thohir pun buka suara perihal rumor naturalisasi Kevin Diks. Belakangan santer terdengar, Kevin Diks akan datang ke Jakarta.

Baca Juga: 3 Sosok Paling Berpengaruh dalam Keputusan Eliano Bela Timnas Indonesia

"Ya semoga, kalau dia datang, salaman berarti benarr. Kan masih belum tahu. Kalau saya sekarang, lihat masalah rumor-rumor, (kalian) lebih ahli darripada saya sebagai ketum PSSI-nya," ucap Thohir.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #timnas #indonesia #terus #tambah #pemain #naturalisasi #erick #thohir #tergantung

KOMENTAR