Siapa Vince van der Bas? Kiper Belanda yang Diam-diam Bisa Dinaturalisasi Timnas Indonesia
Kiper keturunan Indonesia, Vince van der Bas. [Dok. Instagram pemain_keturunan]
14:18
8 Oktober 2024

Siapa Vince van der Bas? Kiper Belanda yang Diam-diam Bisa Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia punya kiper keturunan lainnya dalam diri Vince van der Bas. Timnya, Willem II, bahkan baru saja mengalahkan klub Thom Haye, Almere City.

Almere City kembali harus menelan hasil minor di lanjutan Liga Belanda 2024/25. Menjamu Willem II di pekan kedelapan, Sabtu (5/10) kemarin, Almere keok 0-1.

Menariknya, selain Almere City yang punya pemain keturunan Indonesia, Willem II juga punya pemain keturunan Vince van der Bas.

Tapi Van der Bas tidak ikut bermain di laga kemarin. Ia masih ditempatkan di Tim U-19 dan U-21 Willem II. Lantas, siapa sebetulnya pemain keturunan ini?

Baca Juga: Kisah Masa Kelam Timnas Indonesia Era Irfan Bachdim Usai Pecat Pelatih Belanda Lalu Dibantai Bahrain 10 Gol

Profil Vince van der Bas

Vince van der Bas lahir di Belanda pada 7 Maret 2008. Usianya saat ini masih 18 tahun dan berposisi sebagai penjaga gawang.

Dari unggahan Instagram @pemain_keturunan, diketahui kala Van der Bas punya darah keturunan Indonesia.

Ia memiliki garis keturunan Indonesia karena nenek dari pihak ibunya adalah orang Indonesia, sedangkan ayah dan keluarganya adalah orang Belanda.

Karir Sepak Bola

Baca Juga: Media Jepang: Timnas Indonesia Adalah Ancaman Nyata

Dilansir dari Transfermarkt, Van der Bas diketahui merupakan jebolan akademi Willem II. Ia sempat bermain untuk Tim U-17 sampai akhirnya promosi ke Tim U-18 pada Juli 2023.

Musim lalu bersama Willem II U-18, Van der Bas mencatatkan 9 penampilan di kompetisi U-18 Musim Panas dan Musim Gugur dengan catatan 23 kemasukan dan tiga kali clean sheet.

Di musim 2023/24 juga, Van der Bas sudah mulai dipromosikan ke Tim U-19 Willem II dengan mencatatkan sekali penampilan di Piala Belanda U-19.

Sementara sepanjang musim 2024/25 berjalan, Vince van der Bas diketahui sudah promosi ke Tim U-18 Willem II. Tapi ia baru bermain dua kali dengan catatan kebobolan dua kali dan sekali clean sheet.

Fakta dirinya punya darah Indonesia membuat Vince van der Bas jelas masuk radar untuk dinaturalisasi PSSI.

Andai menunjukkan performa bagus, bukan tidak mungkin tawaran untuk membela Timnas Indonesia akan menghampirinya.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #siapa #vince #kiper #belanda #yang #diam #diam #bisa #dinaturalisasi #timnas #indonesia

KOMENTAR