Jauh Sebelum Piala Asia 2023, Nama Jersey Rafael Struick Juga Pernah Typo
Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick mengenakan jersey dengan penulisan nama yang salah saat menghadapi Australia dalam babak 16 besar Piala Asia 2023, di Jassim Bin Hammad Stadium, Qatar, Minggu (28/1/2024). [Dok. AFP]
10:12
29 Januari 2024

Jauh Sebelum Piala Asia 2023, Nama Jersey Rafael Struick Juga Pernah Typo

Kesalahan penulisan nama atau typo pada jersey striker Timnas Indonesia, Rafael Struick tengah jadi perbincangan hangat di media sosial.

Namun, jauh sebelum insiden tersebut terjadi di Piala Asia 2023 tepatnya pada babak 16 besar saat Garuda menghadapi Australia, nama striker ADO den Hag itu sudah lebih dulu "memakan korban".

Hal itu diketahui dari unggahan foto salah satu warganet di media sosial X yang menunjukkan jersey Timnas Indonesia dengan penulisan nama Struick yang salah.

Alih-alih mendapatkan jersey tandang Garuda bernama S-T-R-U-I-C-K, warganet tersebut malah dapat jersey dengan nama S-R-T-U-I-C-K.

Dalam cuitannya, warganet yang menggunakan akun @sonheungmn itu bertanya-tanya apakah memang sesulit itu penulisan anam striker berdarah Belanda-Indonesia tersebut.

"Nama Struick ini memang susah? Saya beli di Mills saja typo," tulis warganet tersebut.

Sontak unggahan itu ramai jadi perbincangan. Banyak netizen lain yang menanggapi fenomena kesalahan penulisan nama Rafael Struick di jersey Timnas Indonesia.

"Wah, varian lain lagi," tulis akun @fajar***** sambil membubuhkan emotikon tertawa.

Rafael Struick merupakan striker andalan pelatih Shin Tae-yong selama memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Pemain berusia 20 tahun itu selalu tampil dalam empat pertandingan yang dijalani skuad Garuda.

Selama bermain di tiga laga fase grup, penulisan nama Rafael Struick tidak mengalami kesalahan. Baru ketika melawan Australia, typo itu pun terjadi.

Nama S-T-R-U-I-C-K berubah menjadi S-T-U-I-R-C-K dalam jersey kandang Timnas Indonesia kontra Australia di Jassim Bin Hammad Stadium, Qatar, Minggu (28/1/2024).

Terkait pertandingan, Timnas Indonesia pada akhirnya kalah 0-4 dari Australia. Mereka pun mengakhiri perjalanan sensasionalnya di babak 16 besar.

Meski gagal melangkah jauh, Timnas Indonesia telah mencatatkan sejarah di Piala Asia 2023 di mana untuk pertama kalinya mereka berhasil melangkah ke fase gugur ajang tersebut.

Sebelum edisi ini, Timnas Indonesia selalu terhenti di fase grup yakni pada Piala Asia 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #jauh #sebelum #piala #asia #2023 #nama #jersey #rafael #struick #juga #pernah #typo

KOMENTAR