Profil Tamirlan Kozubaev, Kapten Kirgistan yang Pernah Main di Persita Tangerang
Kapten Kirgistan, Tamirlan Kozubaev. (Instagram/@tamirlan_kozubaev)
20:42
26 Januari 2024

Profil Tamirlan Kozubaev, Kapten Kirgistan yang Pernah Main di Persita Tangerang

Kapten Timnas Kirgistan, Tamirlan Kozubaev, menjadi salah satu aktor penting saat menahan imbang Oman di laga Grup F Piala Asia 2023.

Penampilan yang impresif saat melawan Oman di laga Grup F, Kamis (25/1/2024), berhasil membuat pertandingan berakhir imbang 1-1.

Oman memang unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol Muhsen Al-Ghassani, tapi Kirgistan berhasil mencetak gol penyama kedudukan lewat aksi Joel Kojo di menit 80.

Kendati digempur sepanjang pertandingan lini pertahanan Kirgistan yang dipimpin oleh Tamirlan Kozubaev mampu membendung serangan-serangan Oman.

Menariknya, Kozubaev ternyata pernah bermain di Liga 1 bersama Persita Tangerang. Lantas, seperti apa perjalanan kariernya?

Profil Tamirlan Kozubaev

Sosok bernama lengkap Tamirlan Omuraliyevich Kozubaev ini lahir di Kota Bishkek, Kirgistan, pada 1 Juli 1994.

Kariernya sudah dimulai sejak 2012 ketika bergabung ke klub kota kelahirannya, Dordoi Bishkek. Namun, ia langsung hengkang ke Ala-Too Naryn pada 2013.

Kozubaev lantas memutuskan merantau sejak 2014 dengan bergabung ke klub Lithuania, Siauliai. Ia sempat pulang ke Kirgistan membela Alga Bishkek, sebelum merantau lagi ke Klaipedos Granitas (Lithuania), dan Jagodina (Serbia).

Masa-masa Kozubaev merantau tidak mudah dan sulit mendapat menit bermain hingga pulang ke Dorodi Bishkek. Ia lalu bergabung ke Selangor hingga berlabuh ke Persita Tangerang pada 2020.

Namun sayangnya Kozubaev kala itu hanya merasakan beberapa pertandingan saja. Karena seperti diketahui, BRI Liga 1 2020 harus dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Setelah dari Persita, Kozubaev sempat bermain untuk klub Rusia, Shinnik Yaroslavl, lalu ke FC Turan, hingga akhirnya bergabung ke klub Hong Kong, Eastern SC.

Untuk kariernya di tim nasional Kirgistan sendiri sudah dimulai sejak 2015. Hingga saat ini Tamirlan Kozubaev sudah tampil 50 kali dengan catatan 2 gol.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #profil #tamirlan #kozubaev #kapten #kirgistan #yang #pernah #main #persita #tangerang

KOMENTAR