Timnas Indonesia Tumbang, Rafael Struick: Suatu Kehormatan Bisa Melawan Jepang
Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick (kiri) tampil di Piala Asia 2023 Qatar. [KARIM JAAFAR / AFP]
19:54
25 Januari 2024

Timnas Indonesia Tumbang, Rafael Struick: Suatu Kehormatan Bisa Melawan Jepang

Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick merasa beruntung bisa mendapatkan kesempatan tampil di turnamen besar macam Piala Asia 2023. Terlebih, skuad Garuda berkesempatan menghadapi tim raksasa seperti Jepang.

Sejak dimulainya Piala Asia 2023, Rafael Struick selalu menjadi pilihan utama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di lini depan.

Penyerang ADO Den Haag itu tampil dalam tiga laga Grup D melawan Irak saat Timnas Indonesia kalah 1-3), Vietnam (menang 1-0), dan Jepang (kalah 1-3).

Sayangnya, penyerang naturalisasi berusia 20 tahun itu belum menunjukkan taji. Sebagai tumpuan utama tim Garuda di lini depan, Struick sama sekali tidak mencetak gol ataupun assist dari tiga laga itu.

Meski demikian, Struick mengaku banyak mendapat pelajaran dari tiga laga itu, terlebih laga melawan Jepang meski Timnas Indonesia kalah 1-3 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Struick merasa terhormat memiliki kesempatan tampil melawan Jepang yang dihuni pemain-pemain kelas dunia.

"Buat saya sangat bagus bisa melawan pemain-pemain hebat seperti mereka, salah satu yang terbaik di dunia. Suatu kehormatan bisa bermain melawan mereka, jadi kami bisa mendapatkan pelajaran dari pertandingan lawan Jepang ini," kata Rafael Struick dalam keterangan resminya, Kamis (25/1/2024).

Terkait kekalahan dari Jepang, Struick menjelaskan bahwa Timnas Indonesia sudah berusaha menampilkan yang terbaik. Ia pun yakin ke depannya skuad Garuda akan terus berkembang menjadi lebih baik di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

"Kami bermain dengan menunjukkan semangat tinggi dan bisa mendapatkan beberapa peluang. Agak disayangkan dengan penalti itu, tapi kami sudah melakukan yang terbaik," ucap Rafael.

"Mereka (Jepang) adalah tim yang kuat dengan pemain-pemain bagus. Kami bisa lebih baik lagi, tapi kami adalah tim yang masih muda. Jadi, saya pikir ke depannya kami akan bisa lebih bersaing," tukasnya.

Finis di peringkat tiga klasemen akhir Grup D dengan 3 poin, Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur empat tim peringkat tiga terbaik.

Meskipun hal itu bergantung pada hasil pertandingan Yordania melawan Bahrain (Grup E) dan Kirgistan kontra Oman (Grup F) pada Kamis (25/1/2024) malam WIB ini di matchday terakhir fase grup.

Bahrain harus kalah dari Yordania 0-2, sementara laga Kirgistan dan Oman berakhir imbang.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #timnas #indonesia #tumbang #rafael #struick #suatu #kehormatan #bisa #melawan #jepang

KOMENTAR