Sandy Walsh Akhiri Puasa Gol Timnas Indonesia ke Gawang Jepang Selama 43 Tahun!
Bek Timnas Indonesia, Sandy Walsh melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs Timnas Indonesia di Stadion al Thumama di Doha pada 24 Januari 2024. Giuseppe CACACE / AFP.
21:42
24 Januari 2024

Sandy Walsh Akhiri Puasa Gol Timnas Indonesia ke Gawang Jepang Selama 43 Tahun!

Bek sayap kanan Timnas Indonesia, Sandy Walsh berhasil mengakhiri puasa gol Garuda ke gawang Jepang selama 43 tahun lewat golnya dalam matchday pamungkas Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024).

Gol Sandy Walsh tercipta jelang laga berakhir tepatnya pada menit 90+1 lewat skema lemparan ke dalam yang dilepaskan Pratama Arhan.

Sandy Walsh menyambar bola hasil kemelut yang di mana lemparan ke dalam Arhan disambut Elkan Baggott.

Bola liar di sisi kanan kotak penalti kemudian diterjang bek KV Mechelen itu untuk menaklukan kiper Zion Suzuki.

Gol tersebut tak hanya membangkitkan semangat Timnas Indonesia dan sekaligus memperkecil kekalahan Garuda menjadi 1-3 dari Jepang.

Namun, lebih dari itu, gol Sandy Walsh tercatat dalam sejarah karena turut mengakhiri puasa gol Timnas Indonesia ke gawang Jepang yang sudah bertahan dalam 43 tahun!

Bek Timnas Indonesia, Sandy Walsh melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs Timnas Indonesia di Stadion al Thumama di Doha pada 24 Januari 2024.Giuseppe CACACE / AFP.Bek Timnas Indonesia, Sandy Walsh melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs Timnas Indonesia di Stadion al Thumama di Doha pada 24 Januari 2024.Giuseppe CACACE / AFP.

Menyitat 11v11, kali terakhir Timnas Indonesia mencetak gol ke gawang Samurai Biru terjadi pada laga uji coba 24 Februari 1981.

Saat itu, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 2-0 dalam pertandingan yang tercatat berlangsung di Jakarta.

Setelah kemenangan itu, Jepang dan Indonesia tercatat bertemu tiga kali sebelum saling bentrok di Piala Asia 2023.

Dalam tiga pertemuan sebelumnya, Garuda imbang sekali dan kalah dua kali. Timnas Indonesia kalah 0-2 di Piala Merdeka (14 September 1981) sebelum imbang 0-0 di kualifikasi Piala Dunia (28 Mei 1998), sebelum dihajar 0-5 pada 11 Juni 1989.

Sayangnya, gol Sandy Walsh belum cukup menyelematkan Timnas Indonesia dari kekalahan. Skuad Garuda pun kini belum bisa mengetahui nasib lolos tidaknya mereka ke 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia dipastikan finis peringkat ketiga Grup D dengan koleksi tiga poin dengan selisih gol -3. Untuk sementara, tim asuhan Shin Tae-yong menduduki urutan keempat klasemen peringkat tiga terbaik.

Posisi Timnas Indonesia yang menempati batas aman lolos ke 16 besar itu masih bisa digeser oleh Oman yang baru memainkan matchday ketiga Grup F kontra Kirgistan pada Kamis (25/1/2024).

Oman saat ini menduduki urutan keenam klasemen peringkat tiga terbaik dengan koleksi satu poin. Andai menang, mereka akan mengoleksi empat poin dan secara otomatis mengangkangi posisi Timnas Indonesia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #sandy #walsh #akhiri #puasa #timnas #indonesia #gawang #jepang #selama #tahun

KOMENTAR