2 Pemain Naturalisasi yang Terancam Jadi Korban Ketatnya Persaingan di Timnas Indonesia
Barisan bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Calvin Verdonk dan Shayne Pattynama. [Dok. IG Timnas Indonesia]
14:54
3 Oktober 2024

2 Pemain Naturalisasi yang Terancam Jadi Korban Ketatnya Persaingan di Timnas Indonesia

Kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menambah ketat persaingan di Timnas Indonsia. Tak hanya pemain lokal, para pemain naturalisasi juga kini terancam kehilangan tempatnya.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji memastikan 27 pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam kondisi prima.

Dia juga mengonfirmasi bahwa bek andalan Shayne Pattynama, Sandy Walsh, dan Jordi Amat siap tampil setelah pulih dari cedera.

Shayne Pattynama ketika memperkuat Timnas Indonesia. (Instagram/s.pattynama)Shayne Pattynama ketika memperkuat Timnas Indonesia. (Instagram/s.pattynama)

Meski demikian, hal itu tidak menggaransi mereka khususnya Shayne dan Jordi untuk mendapatkan tempat di tim utama Timnas Indonesia.

Baca Juga: Ketar-ketir, Masyarakat China Mau Laporkan Timnas Indonesia ke FIFA

Kehadiran Mees Hilgers ditambah cederanya Justin Hubner membuat dinamika lini belakang skuad Merah Putih diprediksi akan berubah di mana persaingan bisa semakin ketat.

Shayne Pattynama dan Jordi Amat Terancam

Dalam laga kontra Bahrain, pelatih Shin Tae-yong kemungkinan masih akan menerapkan formasi 3-4-3. Trio bek tengah diprediksi bakal diberikan kepada Mees Hilgers, Jay Idzes dan Calvin Verdonk.

Mees Hilgers merupakan bek tengah level Eropa. Dia adalah pemain andalan FC Twente yang membuat pengalaman dan kemampuannya tak perlu diragukan lagi.

Sementara Jay Idzes, telah menunjukkan konsistensinya di Venezia FC di mana dia selalu jadi pilihan utama tim kasta teratas Liga Italia itu.

Baca Juga: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Pindah Federasi, Target Poin Wajib vs Bahrain dan China

Di sisi lain, Calvin Verdonk memang bukan bek tengah. Dia adalah bek sayap kiri, tetapi dalam laga kontra Arab Saudi, dirinya sempat tampil di pos bek tengah bagian kiri.

Verdonk dipercaya tampil di posisi itu karena Justin Hubner harus absen akibat akumulasi kartu kuning.

Shin Tae-yong diketahui kerap menurunkan pemain di posisi yang sesuai dengan kaki terkuatnya. Sebelum Hubner, pemain yang diplot di pos bek tengah bagian kiri adalah Elkan Baggott yang juga berkaki kidal.

Situasi itu membuat Jordi Amat yang punya kaki terkuat kanan diprediksi tidak akan menjadi starter lawan Bahrain. Apalagi, dirinya baru pulih dari cedera.

Sementara Shayne Pattynama belakangan memang sudah tergusur dari pos bek sayap kiri. Saat Verdonk di gesar ke bek tengah, Shin Tae-yong kerap mempercayakan pos tersebut kepada Nathan Tjoe-A-On alih-alih Pattynama.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #naturalisasi #yang #terancam #jadi #korban #ketatnya #persaingan #timnas #indonesia

KOMENTAR