FIFA dan FIBA Buka Kantor Perwakilan di Indonesia Bukti Pemerintah Serius Bina Olahraga, Erick Thohir Bilang Negara Lain Akan Cemburu
Anggota Dewan Pusat FIBA sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (Antara)
18:34
20 September 2024

FIFA dan FIBA Buka Kantor Perwakilan di Indonesia Bukti Pemerintah Serius Bina Olahraga, Erick Thohir Bilang Negara Lain Akan Cemburu

–Pada Selasa (17/9), Presiden Joko Widodo meresmikan Kantor Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) di Menara Danareksa, Jakarta. Hal itu seakan melengkapi pendirian kantor FIFA di Menara Mandiri II, Jakarta, dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 10 November 2023.

Ketua Umum PSSI sekaligus anggota Dewan Pusat FIBA Erick Thohir mengatakan, didirikannya kantor FIFA dan FIBA yang merupakan representasi dua olahraga terpopuler di dunia itu menjadi wujud keseriusan pemerintah dalam pembangunan bidang olahraga di tanah air.

”Federasi-federasi internasional itu melihat keseriusan pemerintah untuk membangun olahraga nasional dan menyehatkan masyarakat Indonesia,” ujar Erick seperti dikutip dari Antara.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu, berdirinya kantor FIFA dan FIBA di Indonesia merupakan suatu pencapaian tersendiri karena sangat jarang terjadi di dunia.

Oleh karena itu, dengan sedikit bercanda, ia menyebut ada kemungkinan negara lain merasa cemburu dengan Indonesia. ”Saya rasa banyak negara yang cemburu,” ujar Erick Thohir.

Erick Thohir menegaskan, Pemerintah Indonesia memang sangat mendukung hadirnya kantor FIFA dan FIBA. nMeskipun demikian, Erick tetap berkoordinasi dengan Kemenkumham agar operasional kantor FIFA dan FIBA bisa terlindungi secara hukum. Erick pun berinisiatif untuk menemui Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas pada Kamis (19/9) kemarin.

”Kami memerlukan hukum untuk melindungi eksistensi dua kantor federasi internasional itu di Indonesia,” tutur Erick.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal FIBA, Andreas Zagklis berharap kehadiran Kantor FIBA di Jakarta bisa semakin memopulerkan dan memajukan olahraga basket di Indonesia.

”Kami ingin lebih banyak anak muda baik laki-laki maupun perempuan yang bermain bola basket. Tentu saja untuk itu kami akan bekerja sama dengan federasi kami di sini yaitu Perbasi," tutur Andreas ketika pengesahan kantor FIBA.

Pujian juga sempat dilontarkan Presiden FIFA Gianni Infantino kepada Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat menghadiri peresmian kantor FIFA tahun lalu. Ia menilai kedua sosok penting tersebut tidak berhenti memberikan dukungan untuk perkembangan sepak bola di Indonesia.

Gianni menekankan, kantor FIFA di Jakarta turut berperan penting untuk menumbuhkan dan meningkatkan kualitas sepak bola di seluruh dunia, khususnya di Indonesia dan negara sekitarnya.

”Kami ingin membawa sepak bola terus mendunia dan memberikan dampak positif baik di sini (Indonesia-red) maupun di seluruh kawasan,” tutur Gianni kala itu.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #fifa #fiba #buka #kantor #perwakilan #indonesia #bukti #pemerintah #serius #bina #olahraga #erick #thohir #bilang #negara #lain #akan #cemburu

KOMENTAR