Profil David da Silva, Striker Brasil Sentil Shin Tae-yong Ingin Bela Timnas Indonesia
David Da Silva (ligaindonesia.com)
18:12
19 September 2024

Profil David da Silva, Striker Brasil Sentil Shin Tae-yong Ingin Bela Timnas Indonesia

Penyerang asing andalan Persib Bandung, David da Silva, membuat heboh pencinta sepak bola di tanah air setelah mengungkapkan keinginannya untuk bisa menjadi pemain Timnas Indonesia.

David da Silva mengutarakan keinginannya tersebut meskipun tak memiliki darah Indonesia. Salah satu jalur yang ingin ditempuh agar bisa membela Timnas Indonesia ialah karena dia sudah tinggal di tanah air selama lima tahun.

"Saya pikir saya akan menetap di sini. Saya juga berharap bisa bermain di Timnas Indonesia juga," ucap David da Silva seperti dikutip dari kanal Youtube Transfermarkt Indonesia.

Bahkan, penyerang kelahiran Brasil tersebut sampai menyapa juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, agar bersedia meliriknya. Apalagi, pemain berusia 34 tahun ini juga punya catatan gol yang bagus. 

Baca Juga: Mees Hilgers Disebut Media Belanda Sergio Ramos dari Indonesia

"Saya ingin pakai jersey timnas (Indonesia). Hai Shin Tae-yong, saya di sini. Saya pikir timnas perlu banyak gol, memerlukan seorang striker," tegasnya. 

Profil David da Silva

David da Silva bukanlah sosok pemain yang asing di Indonesia. Sebab, bomber asal Brasil itu sudah cukup lama berkarier di Liga 1. David tercatat pertama kali memperkuat Persebaya Surabaya pada tahun 2018.

Kiprah pertamanya bersama tim asal Kota Pahlawan itu memang cukup mengesankan. Sebab, David da Silva berhasil mencatatkan 20 gol dan 3 assist dari total 23 penampilannya di ajang Liga 1 musim 2018.

Meskipun bisa mencatatkan performa cemerlang pada musim pertamanya di Indonesia, dia memutuskan untuk meninggalkan Bajul Ijo karena saat itu mendapatkan tawaran dari klub Liga Korea Selatan, Pohang Steelers.

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Resmi Melejit, Bikin Australia Paling Merugi

Namun, kiprahnya di sana juga tak lama. David da Silva hanya bermain sebanyak sembilan kali dan menyumbang dua gol, lalu memutuskan kembali ke pelukan Persebaya. Dia pun menyumbang 14 gol dan 3 assist dari 17 laga.

David pernah singgah ke Liga Super Malaysia saat direkrut Terengganu FC. Di sana, dia berhasil mengukir sembilan assist dari 15 laga. Memasuki tahun 2021/2022, dia akhirnya direkrut Persib Bandung.

Kiprahnya di Indonesia memang luar biasa. Sebelum membawa Persib Bandung menjuarai Liga 1 2024/2025, David da Silva pernah mencatatkan banyak penghargaan individu. Dia tercatat tiga kali masuk dalam Team of the Season.

Penghargaan itulah yang diperoleh David pada 2018, 2022/2023, dan 2023/2024. Musim 2023/2024 memang jadi yang terbaik karena dia juga akhirnya menyabet gelar Top Scorer dengan koleksi 26 gol dari 30 laga.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #david #silva #striker #brasil #sentil #shin #yong #ingin #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR