Mees Hilgers dan Eliano Sumpah WNI di Belanda, Langgar Aturan atau Tidak?
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama pemain keturunan Indonesia calon penggawa skuad Garuda, Mees Hilgers. [Dok. IG Erick Thohir]
14:30
19 September 2024

Mees Hilgers dan Eliano Sumpah WNI di Belanda, Langgar Aturan atau Tidak?

Proses naturalisasi dua pesepak bola muda berbakat, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers tengah berlangsung. Terkini, keduanya akan menjalani sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Belanda.

Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, pengambilan sumpah di luar negeri tersebut dilakukan untuk mempercepat proses naturalisasi, sesuai dengan fleksibilitas aturan yang berlaku.

Erick Thohir, yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN, menyatakan bahwa pengambilan sumpah di luar Indonesia telah sesuai dengan aturan pemerintah.

Hal ini diungkapkan Erick setelah pertemuannya dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, di Jakarta. Erick menjelaskan bahwa proses ini merupakan cara efektif agar naturalisasi Eliano dan Mees segera rampung.

Baca Juga: Mees Hilgers Ungkap Janjinya Andai Sudah Bela Timnas Indonesia

"Ada fleksibilitas pengambilan sumpah baik itu di dalam maupun luar negeri. Semuanya masih sesuai aturan dari pemerintah," ujar Erick dikutip dari Antara, Kamis (19/9/2024).

Eliano Reijnders dan Mees Hilgers saat ini merupakan pemain inti di klub Eredivisie, Belanda. Apabila harus kembali ke Indonesia untuk pengambilan sumpah, mereka baru bisa melakukannya pada jeda internasional FIFA di bulan Oktober 2024.

Hal itu dinilai tidak ideal lantaran kedua pemain tidak dapat memperkuat timnas Indonesia pada putaranm ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober 2024.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kiri) dan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas. [Dok. PSSI]Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kiri) dan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas. [Dok. PSSI]

“Tidak ada FIFA match day pada bulan ini, jadi kami harus menghormati jadwal klub mereka. Kami mengambil langkah untuk memastikan mereka dapat segera bergabung dengan timnas,” jelas Erick Thohir.

Terkait keputusan pengambilan sumpah di Belanda, Erick Thohir menegaskan bahwa tidak ada perlakuan khusus bagi Eliano dan Mees.

Baca Juga: Komentar Kocak Ragnar Oratmangoen Lihat Egy Maulana Vikri Duel dengan Rizky Ridho di BRI Liga 1

Pengambilan sumpah di luar negeri bukanlah hal baru dan sudah pernah dilakukan oleh WNI lainnya yang berada di luar negeri.

"Sudah ada beberapa orang yang juga mengangkat sumpah di negara lain. Jadi bukan sesuatu yang spesial. Kami menghormati hukum Indonesia dan hukum FIFA," jelas Erick.

Dia juga menambahkan bahwa proses ini telah sesuai dengan hukum Indonesia dan regulasi FIFA. Selain itu, langkah ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah, termasuk dari Kementerian Hukum dan HAM.

Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, mengapresiasi langkah naturalisasi ini sebagai bagian dari upaya memperkuat timnas Indonesia.

"Saya berharap, mudah-mudahan dukungan yang diberikan Kemenkumham terkait naturalisasi dapat memberikan kontribusi nyata mengangkat prestasi dan meloloskan timnas ke Piala Dunia," jelas Supratman.

Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah mendapatkan persetujuan dari DPR RI, dengan pembahasan melalui Komisi III dan Komisi X, serta disahkan dalam rapat paripurna.

Setelah proses administrasi selesai, tahap akhir adalah penerbitan Keputusan Presiden oleh Joko Widodo dan pengambilan sumpah sebagai WNI.

Profil Singkat Eliano Reijnders dan Mees Hilgers

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama pemain keturunan Indonesia calon penggawa skuad Garuda, Eliano Reijnders. [Dok. IG Erick Thohir]Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama pemain keturunan Indonesia calon penggawa skuad Garuda, Eliano Reijnders. [Dok. IG Erick Thohir]

Eliano Reijnders saat ini bermain sebagai bek untuk PEC Zwolle di Eredivisie. Pemain berusia 23 tahun ini adalah adik dari gelandang AC Milan dan timnas Belanda, Tijjani Reijnders.

Eliano memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Syane Lekatompessy, yang bersuku Ambon dan lahir di Jakarta.

Mees Hilgers, juga berusia 23 tahun, adalah bek tengah andalan FC Twente. Seperti Eliano, Mees juga memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Sulawesi Utara.

Kehadiran dua pemain ini diharapkan dapat memperkuat lini belakang timnas Indonesia dalam menghadapi kompetisi internasional mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #mees #hilgers #eliano #sumpah #belanda #langgar #aturan #atau #tidak

KOMENTAR