Susul Mauro Zijlstra, 3 Penyerang Keturunan Muda yang Eligible untuk Timnas Indonesia
Striker muda Mauro Zijlstra nyatakan siap bela timnas Indonesia. (Instagram/@maurozijlstra)
10:24
16 September 2024

Susul Mauro Zijlstra, 3 Penyerang Keturunan Muda yang Eligible untuk Timnas Indonesia

Berikut tiga pemain penyerang keturunan yang masih berusia muda dan bisa digaet Timnas Indonesia setelah Mauro Zijlstra.

Bukan rahasia lagi jika Mauro Zijlstra makin dekat membela Timnas Indonesia, usai dirinya mengaku tengah menjalani proses naturalisasi.

Pengakuan ini disampaikan penyerang berusia 19 tahun itu saat berbincang-bincang dalam Podcast yang diunggah kanal YouTube, VoetbalPrimeur.

“Ya saya sedang menjalani prosesnya (naturalisasi). Itu istilah yang mereka gunakan (PSSI)," ucap Zijlstra kepada host VoetbalPrimeur.

Baca Juga: Kisah Memalukan Timnas Indonesia Dibantai 10 Gol Bahrain, Habis Itu Tidak Pernah Menang

Penyerang FC Volendam U-21 itu mengaku bahwa saat ini dokumen-dokumennya tengah dipelajari oleh pihak PSSI sebagai syarat naturalisasi.

Jika dokumen-dokumennya lengkap dan memenuhi syarat, maka Zijlstra akan terbang ke Indonesia untuk melakukan proses naturalisasi.

“Mereka tengah memeriksa dokumen yang dibutuhkan dan jika semuanya selesai saya akan terbang ke Indonesia," lanjutnya.

Jika proses naturalisasinya tuntas, Zijlstra akan jadi tambahan penting bagi Timnas Indonesia, mengingat statistiknya yang terbilang mumpuni.

Meski begitu, Timnas Indonesia masih bisa menambah stok pemain keturunan untuk lini serangnya. Pasalnya, masih ada beberapa penyerang muda yang bisa digaet oleh PSSI.

Baca Juga: Sempat Jadi 'King Garuda', 4 Pemain Lokal Bisa Tersingkir Jika Pascal Struijk Gabung Timnas Indonesia

Kira-kira, siapa saja penyerang keturunan muda yang bisa digaet PSSI jika nantinya berhasil menuntaskan naturalisasi Mauro Zijlstra? Berikut daftarnya.

1. Miliano Jonathans

Miliano memiliki darah Indonesia. Konon keluarga besarnya berasal dari Depok, Jawa Barat [vitesse.nl]Miliano memiliki darah Indonesia. Konon keluarga besarnya berasal dari Depok, Jawa Barat [vitesse.nl]

Miliano Jonathans merupakan penyerang muda berusia 20 tahun yang saat ini bermain di Vitesse Arnhem. Ia sendiri diketahui keturunan Depok.

Meski lahir dan besar di Belanda, Miliano Jonathans kerap mengaku dirinya sebagai orang Depok. Bahkan, keluarganya pun pernah berkunjung ke Indonesia dan sempat bertemu Hamdan Hamedan.

Kualitasnya sebagai penyerang tak perlu diragukan lagi. Di musim ini saja, pemain yang bisa bermain sebagai winger kanan ini sudah mencetak 2 gol dan 1 assist dari 5 laga di Eerste Divisie 2024/2025.

2. Million Manhoef

Winger Stoke City, Million Manhoef yang Dirumorkan Tengah Didekati PSSI Untuk Dinaturalisasi. (instagram.com/million.m)Winger Stoke City, Million Manhoef yang Dirumorkan Tengah Didekati PSSI Untuk Dinaturalisasi. (instagram.com/million.m)

Sama seperti Miliano Jonathans, Million Manhoef merupakan penyerang keturunan Indonesia. ia masih berusia 22 tahun dan saat ini bermain di Championship bersama Stoke City.

Ia memiliki darah keturunan Indonesia dari sisi ibunya. Di usia muda, Manhoef tercatat pernah bermain untuk Timnas Belanda kelompok umur dari U-16 hingga U-21.

Secara kualitas, ia dikenal sebagai winger tajam. Musim ini dirinya sudah mencetak 2 gol dari 2 laga di Championship 2024/2025 dan telah mencetak 16 gol serta 14 assist bagi Vitesse dari 88 laga.

3. Adrian Wibowo

Pemain Keturunan Indonesia Adrian Wibowo (Instagram Adrian Wibowo)Pemain Keturunan Indonesia Adrian Wibowo (Instagram Adrian Wibowo)

Selain Miliano Jonathans dan Million Manhoef, Indonesia punya penyerang keturunan yang beroperasi sebagai winger di Amerika Serikat. Sosok itu adalah Adrian Wibowo.

Saat ini, Adrian Wibowo bermain bagi Los Angeles FC 2 di MLS Next Pro. Pada tahun 2024 ini saja, ia telah mencetak 9 gol dan 6 assist dari 21 pertandingan.

Pemain berusia 18 tahun ini lahir dan besar di Amerika Serikat. Karenanya, ia tercatat pernah membela Timnas Amerika Serikat U-17 sebanyak 3 kali dengan torehan 1 gol.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #susul #mauro #zijlstra #penyerang #keturunan #muda #yang #eligible #untuk #timnas #indonesia

KOMENTAR