Kata Kevin Sanjaya Soal Aksi Tengil di Lapangan, Jawab Teka-teki Comeback ke Bulu Tangkis
Legenda bulu tangkis Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo bersama Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin dalam prosesi masuk Hall of Fame di GOR Jati Kudus, Rabu (11/9/2024). 
22:20
12 September 2024

Kata Kevin Sanjaya Soal Aksi Tengil di Lapangan, Jawab Teka-teki Comeback ke Bulu Tangkis

Pemain ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya tak cuma dikenal karena pukulan-pukulan magisnya di lapangan bulu tangkis.

Saat masih aktif, Kevin Sanjaya juga dikenal dengan aksi 'tengil' yang cenderung provokatif dan memancing emosi lawan.

Apakah aksi 'tengil' itu bagian dari strategi dalam permainan?

Dalam konferensi pers acara Audisi Umum PB Djarum 2024 di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (11/9/2024), Kevin mengatakan kalau aksinya itu terjadi secara natural.

Karakternya itu muncul justru karena lawan yang awalnya bikin dia 'gemas'.

"Karena awalnya saya juga 'gemas' dengan lawannya," ucap Kevin yang disambut tawa peserta konferensi pers, termasuk dua seniornya, Sigit Budiarto dan Yuni Kartika.

"Sebenarnya tidak ada strategi khusus, karena saat main di lapangan itu kan kompetitif ya. Saat momen-momen itu, keluar adrenalin juga. Jadi, otomatis kalau lawan bikin gemes, saya ikut gemes," tuturnya.

Jawab Teka-teki Kembali ke Bulu Tangkis Dunia

Pada momen tersebut, Kevin juga menjawab seputar rumor kalau dia akan kembali bermain secara aktif dalam kancah perbulutangkisan dunia yang terus menjadi teka-teki.

Banyak pihak beranggapan, Kevin masih masih berusia 29 tahun masih sangat kompetitif untuk bersaing di panggung dunia yang sempat dia rajai bersama Marcus Fernaldi Gideon di sektor ganda putra.

" Saya (masih) main (bulu tangkis, tapi) di hari Minggu," jawab Kevin yang kembali disambut tawa perserta konferensi pers.

Kevin melanjutkan jawabannya kalau keputusan dia untuk gantung raket sudah final.

"Untuk main internasional sih sudah enggak ya. Yang pasti saya sangat bersyukur karena bisa di titik ini. Tidak ada yang disesali juga. Usaha dan hasil yang saya dapat adalah yang terbaik buat saya juga," tuturnya.

Sebagai tambahan, Kevin Sanjaya termasuk dalam bagian tim penilai bakat dalam Audisi Umum PB Djarum 2024.

Selain Kevin, para legenda bulutangkis Indonesia jebolan PB Djarum yang ikut menjadi tim penilai audisi umum ini adalah Kevin Sanjaya, Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad, Liem Swie King, Richard Mainaky, Ivana Lee, hingga Susy Susanti.

(Ki-ka) Mantan atlet ganda putra bulu tangkis Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin berpose usai menggantungkan pelakat untuk Hall of Fame PB Djarum, di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (11/9/2024). (Ki-ka) Mantan atlet ganda putra bulu tangkis Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin berpose usai menggantungkan pelakat untuk Hall of Fame PB Djarum, di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (11/9/2024). (HO/Dok. PB Djarum)

Masuk Hall of Fame PB Djarum 

Atas berbagai prestasi gemilang yang berhasil direngkuh selama menjadi atlet bulutangkis kebanggaan Tanah Air, pada momen yang sama, Kevin Sanjaya secara resmi masuk dalam Hall of Fame PB Djarum yang diberikan Bakti Olahraga Djarum Foundation dan PB Djarum.

Kevin Sanjaya memang tercatat sebagai satu di antara pebulu tangkis PB Djarum dan Indonesia yang punya rekor menterang.

Dia adalah peraih medali emas Thomas Cup (beregu putra) tahun 2020, Juara All England 2017, hattrick World Tour 1000 Indonesia Open di tahun 2018, 2019, dan 2021, serta peringkat 1 dunia ganda putra bersama Marcus Gideon selama lima tahun.

“Terima kasih kepada PB Djarum karena selalu membantu saya dari pertama kali mengikuti Audisi Umum hingga mencapai banyak kesuksesan sebagai atlet profesional. Tanpa PB Djarum, saya tidak bisa sampai di titik seperti sekarang. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih karena sudah diberikan kehormatan menjadi salah satu bagian dari Hall of Fame PB Djarum,” kata Kevin.

Kembali bernotalgia soal momen di awal kariernya, Kevin Sanjaya menuturkan motivasinya untuk bisa bergabung dengan klub PB Djarum.

“Pandangan saya dan orang tua pada saat itu, bahwa PB Djarum merupakan tempat terbaik saya untuk belajar, meningkatkan kemampuan, mewujudkan mimpi menjadi atlet bulutangkis, dan meraih banyak prestasi. Alasan itulah yang membuat saya enggan menyerah berusaha keras demi menjadi atlet PB Djarum,” ujar Kevin.

 

 

Tag:  #kata #kevin #sanjaya #soal #aksi #tengil #lapangan #jawab #teka #teki #comeback #bulu #tangkis

KOMENTAR