Media Asing Sebut Target Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Jadi Realistis
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)
16:18
11 September 2024

Media Asing Sebut Target Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Jadi Realistis

Media asing kini melihat bahwa target yang dipatok Shin Tae-yong untuk timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 terlihat jadi realistis.

Timnas Indonesia tergabung di grup neraka untuk bisa melaju ke putaran final Piala Dunia 2026. Skuad Garuda bertemu Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Walau tergabung di grup paling sulit, anak asuh Shin Tae-yong meraih hasil bagus dalam dua pertandingan pembuka.

Timnas Indonesia bisa menahan imbang dua tim langganan Piala Dunia, yaitu Arab Saudi dan Australia. Alhasil skuad Garuda mengantongi dua poin.

Baca Juga: Usai Bela Timnas Indonesia, Dewa United Berpeluang Turunkan Egy Maulana Vikri Lawan PSIS

Situasi ini membuat media asing sadar bahwa target yang sebelumnya digemborkan Shin Tae-yong mulai terlihat realistis.

Sebelumnya pelatih asal Korea Selatan ini memang tak menargetkan lolos langsung di urutan pertama atau kedua grup. Namun, juru taktik berusia 54 tahun ini mengincar empat besar.

Alasannya karena posisi empat besar akan melanjutkan perjuangan lagi di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026, di mana rivalnya akan lebih mudah levelnya.

Sayangnya target Shin Tae-yong dianggap muluk-muluk awalnya. Terlebih skuad Garuda merupakan tim dari Pot 6 atau dengan ranking FIFA terendah.

Walau begitu, timnas Indonesia membuat kejutan dengan menahan imbang Arab Saudi serta Australia. Kini pandangan media asing berbeda.

Baca Juga: Legenda: Boaz Solossa, Striker Legendaris Timnas Indonesia yang Tolak 2 Klub Eropa

Timnas Indonesia di laga melawan Australia (the-afc.com)Timnas Indonesia di laga melawan Australia (the-afc.com)

"Indonesia entah bagaimana bisa keluar dari pertandingan pembuka yang terlihat mengerikan (vs Arab dan Australia) dengan dua poin berharga," tulis laporan ESPN.

"Target finis empat besar yang diincar pelatih Shin Tae-yong, setidaknya akan membawa Indoneia ke babak berikutnya, tidak lagi terlihat muluk-muluk," imbuh laporan tersebut.

Selanjutnya timnas Indonesia akan melawan Bahrain dan China di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dijadwalkan Oktober 2024.

Editor: Arif Budi

Tag:  #media #asing #sebut #target #shin #yong #kualifikasi #piala #dunia #2026 #jadi #realistis

KOMENTAR