Perbasi Rencanakan Gelar Rapat Pleno Tentukan Ketum Plt Pengganti Danny Kosasih
Proses penutupan peti jenazah Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih. (Dok. Perbasi)
15:08
9 September 2024

Perbasi Rencanakan Gelar Rapat Pleno Tentukan Ketum Plt Pengganti Danny Kosasih

– Duka mendalam masih menyelimuti segenap Pengurus Pusat Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia setelah kepergian ketua umum Danny Kosasih. Tapi, induk olahraga basket di Tanah Air itu akan tetap menjalankan roda organisasi dengan bakal melakukan rapat pleno untuk menentukan pelaksana tugas (Plt) ketua umum.

Danny Kosasih menghembuskan napas terakhir pada Kamis (5/9) malam sekitar pukul 21.15 WIB. Dia meninggal dunia karena penyakit jantung di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

Jenazah Danny Kosasih yang lahir pada 1955 lalu dengan nama Kho Poo Thai ini disemayamkan di Grand Heaven Pluit, Jakarta Utara. Kemudian jalani penutupan peti pada Minggu (8/9) malam, dan ibadah pelepasan juga kremasi pada Senin (9/9).

Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi, menyatakan bahwa setelah ibadah pelepasan dan kremasi, federasi akan langsung mengadakan rapat pleno untuk menentukan arah organisasi ke depan.

"Yang akan kita lakukan adalah, secara aturan di organisasi, jika ketum berhalangan tetap maka kita akan menggelar rapat pleno untuk menentukan ketua umum Plt dan itu akan kita lakukan sesegera mungkin," kata Nirmala Dewi.

"Rencananya dilaksanakan Senin (9/9) sore, setelah kremasi Susuk untuk menjaga keberlangsungan organisasi,” imbuh Nirmala Dewi.

Selain menunjuk Plt ketua umum, rapat pleno tersebut turut membahas kesiapan musyawarah nasional (munas). Munas PP Perbasi direncanakan berlangsung di Jakarta pada 28-30 Oktober 2024.

“Kemudian selanjutnya adalah membahas kesiapan Munas. Sehingga nanti Munas berjalan dengan baik dan organisasi tetap berjalan dengan baik," ucap Nirmala.

Sosok Danny Kosasih, kata Nirmala, dalam memimpin PP Perbasi terbilang krusial. Sepanjang kepemimpinannya, dia kerap mengunjungi pengurus daerah, mulai dari provinsi, kota, hingga kabupaten.

“Sosok Susuk ini adalah sosok yang sangat concern, dan sangat-sangat cinta dengan pekerjaannya. Saya sudah banyak melihat federasi-federasi lain, tapi Susuk sangat luar biasa fokus sekali,” terang Nirmala.

“Dan, di hari-hari terakhirnya pun dia berada di tengah-tengah masyaralat basket Indonesia dan ini jadi sesuatu yang berbeda ya bagi kami. Sesuatu yang jadi anutan bagi kita semua,” lanjut Nirmala Dewi.

Nirmala menjelaskan banyak keinginan Danny Kosasih yang belum terwujud. Untuk jangka pendeknya, dia ingin melihat anak-anak kecil lebih cinta dunia basket. “Dan, sebenarnya, Susuk ingin sekali dateng ke peresmian FIBA Office. Rencananya akan dilakukan peresmian bulan ini,” jelasnya.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #perbasi #rencanakan #gelar #rapat #pleno #tentukan #ketum #pengganti #danny #kosasih

KOMENTAR