Alasan Marc Marquez Kian Dekat dengan Kemenangan di MotoGP 2024 Bersama Ducati
Alasan Marc Marquez Kian Dekat dengan Kemenangan di MotoGP 2024 Bersama Ducati - Marc Marquez setelah berhasil finis P2 di main race MotoGP Prancis 2024, Minggu (12/5/2024). 
14:40
26 Agustus 2024

Alasan Marc Marquez Kian Dekat dengan Kemenangan di MotoGP 2024 Bersama Ducati

- Pengamat, Jorge Lorenzo, hingga bos Ducati memprediksi Marc Marquez semakin dekat dengan kemenangannya di MotoGP 2024.

Marc Marquez yang kini menunggangi Desmosedici GP23 masih punya kans besar untuk bisa naik podium tertinggi musim ini.

Performa epik Marquez di MotoGP Austria dua pekan lalu jadi tolok ukur si Baby Alien kian lihai di atas motor Ducati.

Dari kacamata pengamat sekaligus mantan pembalap asal Spanyol, Carlos Checa, Marquez dinilai bisa mengatasi situasi sulit dengan motor Ducati.

Di Austria meskipun sang rider melakukan kesalahan saat start, Marquez bisa mengendalikan GP23 miliknya dengan baik.

Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez persiapan sebelum balapan MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Lusail, Senin (11/3/2024) dini hari WIB. Marc Marquez finish di posisi keempat. Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez persiapan sebelum balapan MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Lusail, Senin (11/3/2024) dini hari WIB. Marc Marquez finish di posisi keempat. (Twitter @MotorbikeMag)

Berkat itulah kakak Alex Marquez bisa melakukan manuver dan overtake epik dari posisi 13 hingga finis di urutan keempat.

"Dia (Marquez) bekerja keras untuk mencapai posisi keempat (di Austria). Ia memiliki kecepatan yang bagus, saya pikir ia bahkan bisa saja berada di posisi ketiga, Anda tidak pernah tahu," buka Carlos dilansir Motosan.

"Saya pikir sulit untuk menang atau berada di posisi kedua bersama Jorge (Martin), tapi mungkin mudah untuk bersama Enea (Bastianini)."

"Inilah yang harus diingatnya, kecepatan yang bagus, kepercayaan diri yang besar yang dia dapatkan dari balapan ini, terlepas dari jatuhnya kemarin, dan saya pikir Marc menjadi lebih kuat di sini hari ini, terlepas dari kecelakaan yang bisa saja terjadi," kata Carlos Checa menambahkan.

Memang dari segi kepercayaan diri, kekasih Gemma Pinto mulai pede di atas Desmosedici.

Yang perlu di kontrol oleh Marquez adalah agar dirinya tidak mudah terjatuh ketika tengah mendorong motornya untuk mengejar rider lain.

Khususnya pembalap di depannya yang menunggangi motor spek pabrikan milik Ducati yang biasanya dinaiki Pecco Bagnaia, Martin, hingga Bastianini.

Melihat performa Marquez sejauh ini, seniornya, Jorge Lorenzo mengatakan Marquez masih punya peluang besar untuk menang di MotoGP 2024.

Aragon yang jadi seri balapan selanjutnya bisa jadi panggung bagi rider nomor #93 untuk naik podium tertinggi.

"Kami akan datang ke salah satu dari tiga sirkuit yang saya katakan memungkinkan untuk (Marquez) menang. Ada Aragon, Valencia dan Philipp Island, jadi kita lihat saja apa yang akan terjadi," papar Lorenzo Yakin.

"Kita lihat saja nanti, itu bisa menjadi termometer bagi Marquez yang mencari kemenangan lebih dari seribu hari kemudian, yang pertama, dia belum pernah menang sejak Emilia-Romagna 2021," imbuh Lorenzo.

Bukan cuma Lorenzo, Davide Tardozzi selaku bos Ducati yang akan jadi tim Marquez musim depan di garasi pabrikan juga menantikan kemenangan Marquez.

Tardozzi yakin juara dunia delapan kali itu segera kembali meraih kemenangannya dengan motor Ducati sebelum akhir musim.

"Marc (Marquez) akan bersama kami (Ducati Lenovo) tahun depan, sekarang pembalap resmi kami adalah Pecco dan Enea, jadi kami berharap mereka mendapatkan hasil terbaik," jelas Tardozzi mengutip Corsedimoto.

"Namun, kami tidak menutup mata dan kami paham bahwa Marc (Marquez) memiliki potensi besar. Dan kami akan menikmatinya tahun depan, tetapi sebelum musim berakhir dia akan memenangkan balapan," tutup Tardozzi yakin.

Alasan penguat Marquez kian dekat dengan kemenangan lainnya adalah sirkuit-sirkuit yang jadi favorit si Baby Alien bisa memudahkannya untuk juara.

Seperti yang disebutkan Lorenzo, Aragon bisa jadi panggung keberuntungan Marquez karena dia mencatatkan hasil manisnya sepanjang kariernya.

Bahkan dia jadi satu-satunya pembalap dengan kemenangan terbanyak di Aragon mengalahkan Lorenzo dan Casey Stoner.

Ditambah dengan kini dia menunggangi motor Ducati, motor milik tim Borgo Panigale itu cukup kuat di trek Aragon.

Bukan cuma Aragon, San Marino juga bisa jadi tempat untuk Marquez merebut kemenangannya di MotoGP 2024.

Mirip dengan Aragon, Marquez juga jadi rider paling banyak meraih kemenangan di Sirkuit San Marino sepanjang kariernya.

Praktis, dua seri balapan yang akan dihelat dalam waktu dekat ini bakal jadi panggung pertunjukan Marquez untuk merebut kemenangan.

Jadwal MotoGP 2024

12. MotoGP Aragon, Sirkuit Aragon : 30 Agustus - 1 September

13. MotoGP San Marino, Sirkuit Misano : 6-8 September

14. MotoGP Emilia Romagna, Sirkuit Misano Marco Simoncelli : 20-22 September

15. MotoGP Indonesia, Sirkuit Mandalika : 27-29 September

16. MotoGP Jepang, Sirkuit Motegi : 4-6 Oktober

17. MotoGP Australia, Sirkuit Phillip Island : 18-20 Oktober

18. MotoGP Thailand, Sirkuit Buriram : 25-27 Oktober

19. MotoGP Malaysia, Sirkuit Sepang : 1-3 November

20. MotoGP Valencia, Sirkuit Valencia : 15-17 November

(Tribunnews.com/Niken)

Editor: Arif Tio Buqi Abdulah

Tag:  #alasan #marc #marquez #kian #dekat #dengan #kemenangan #motogp #2024 #bersama #ducati

KOMENTAR