Gabung Oxford United, Marselino Ferdinan Bisa Jadi Pemain Homegrown?
Marselino Ferdinan gabung Oxford United. (Instagram/@oufcofficial)
15:18
20 Agustus 2024

Gabung Oxford United, Marselino Ferdinan Bisa Jadi Pemain Homegrown?

Marselino Ferdinan resmi bergabung dengan klub kasta kedua Liga Inggris atau Divisi Championship, Oxford United. Bisakah ia menyandang status homegrown mengingat usianya masih terbilang muda.

Teka-teki klub baru Marselino Ferdinan kini terjawab sudah. Pemain timnas Indonesia ini bergabung dengan Oxford United yang diumumkan Senin (19/8/2024).

Kabar ini sontak membuat heboh pecinta sepak bola tanah air karena daftar pemain timnas Indonesia akan bertambah di Divisi Championship. Sebelumnya ada Nathan Tjoe-A-On yang sudah debut di Swansea City.

Untuk Marselino Ferdinan sendiri, usianya masih terbilang muda. Dengan hal itu, apakah ia bisa menyandang status homegrown.

Baca Juga: Benarkah Marselino Sejago Itu Main di Oxford United Championship Liga Inggris? 3 Fakta Menarik Ini Bisa Ubah Pandanganmu

Menukil dari laporan Mirror Sport, syarat untuk menjadi pemain homegrown tidak harus berkewarganegaraan Inggris, Wales, atau Irlandia.

Akan tetapi, pemain luar bisa menyandang status homegrown seperti Nathan Ake, hingga Cesc Fabregas dengan syarat minimal bermain tiga tahun sebelum usianya 21 tahun.

Saat ini, Marselino masih berusia 19 tahun. Ia akan genap berusia 20 tahun pada 9 September 2024 mendatang.

Jika melihat aturan homegrown itu, eks Persebaya Surabaya ini tidak bisa menyandang status itu. Sebab, jika bermain tiga tahun di klub Inggris, usianya akan melebihi 21 tahun.

Walau demikian, pemain asal Surabaya ini tidak akan terganjal regulasi untuk tampil bersama Oxford United. Pasalnya aturan sudah berubah.

Baca Juga: Eks Pelatih Klub India Bongkar karena Ada Berita Ini Jadi Alasan Oxford United Mau Rekrut Marselino Ferdinan

Setiap klub Liga Inggris diperbolehkan merekrut dua hingga empat pemain tanpa work permit, di sisi lain Marselino juga sudah pernah bermain 1,5 musim di Liga Belgia.

Editor: Arif Budi

Tag:  #gabung #oxford #united #marselino #ferdinan #bisa #jadi #pemain #homegrown

KOMENTAR