Ikan dari Sulawesi Ini Berubah Hitam Saat Marah
Ikan medaka dari perairan Sulawesi( (Image credit: Ueda et al. (CC-BY 4.0)))
17:06
19 Januari 2024

Ikan dari Sulawesi Ini Berubah Hitam Saat Marah

Ilmuwan menemukan ikan yang hidup di perairan Sulawesi akan berubah warna menjadi hitam di beberapa bagian tubuhnya saat marah.

Tanda-tanda perubahan warna segera muncul pada awal konflik, yang menurut ilmuwan merupakan sinyal untuk menunjukkan dominasinya terhadap ikan lain.

Ikan yang dimaksud itu adalah ikan medaka (Oryzias celebensis).

Dalam kondisi normal, seperti dikutip dari IFL Science, Kamis (18/1/2024) ikan yang ditemukan berenang di sekitar barat daya Sulawesi itu berwarna putih.

Mereka menunjukkan tingkat dimorfisme seksual yang tinggi, artinya jantan terlihat sangat berbeda dari betina.

Namun saat diprovokasi, peneliti menemukan ikan jantan menunjukkan tanda hitam yang khas pada sirip dan sisi tubuhnya.

Warna itu dapat berubah dengan cepat dalam hitungan beberapa detik.

Penyebab perubahan warna

Untuk melihat lebih detail penyebab perubahan warna tersebut, peneliti kemudian melakukan tiga percobaan yang ditempatkan dalam akuariun berbeda.

Pertama, meletakkan satu ikan betina dan dua jantan dalam akuarium yang tertutup alga, kedua akuarium dengan alga yang berisi tiga jantan, dan terakhir akuarium tanpa alga yang berisi dua jantan dan satu betina.

Tim menemukan bahwa terdapat agresifitas yang dilakukan oleh pejantan terhadap satu sama lain, terlepas dari apakah ada betina di dalam akuarium.

Sementara, akuarium transparan tanpa alga, tidak ditemukan adanya agresifitas atau perubahan warna yang diamati.

Lebih lanjut jumlah serangan yang dilakukan oleh jantan dengan tanda hitam lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki tanda hitam.

Hal ini menunjukkan bahwa pejantan dengan tanda hitam lebih agresif dibandingkan yang memiliki warna tunggal.

Secara keseluruhan, tim berpendapat kemungkinan agresifitas ini terjadi karena bersaing untuk mendapatkan sumber daya, bukan pasangan.

Alasan munculnya tanda hitam pada ikan jantan bisa jadi juga menandakan dominasi dan kemampuan bertarung serta mencegah serangan menjadi bersifat fisik.

Artinya, melansir Live Science, peneliti berpendapat bahwa tanda-tanda warna gelap tersebut menandakan kebugaran fisik hewan, sehingga jantan tanpa tanda gelap cenderung tidak terlibat dalam perselisihan berlarut.

Jantan dominan lain juga hanya mengeluarkan sedikit energi untuk mempertahankan sumber dayanya berkat sinyal peringatan tersebut.

Ikan medaka bukan satu-satunya spesies hewan yang dapat berubah warna, baik untuk berbaur dengan lingkungan sekitar atau sebagai tanda mereka sedang mencari pasangan.

Ikan guppy diketahui juga mengubah warna matanya menjadi hitam saat berada di sekitar makanan.

Peneliti melaporkan temuan mereka di repositori pracetak BioRxiv.

Editor: Monika Novena

Tag:  #ikan #dari #sulawesi #berubah #hitam #saat #marah

KOMENTAR