Kapan Peringatan Isra Miraj 2024? Catat Ini Tanggal Baiknya
Ilustrasi peringatan Isra Mi’raj. (freepik)
10:18
2 Februari 2024

Kapan Peringatan Isra Miraj 2024? Catat Ini Tanggal Baiknya

Isra Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam satu malam yang dimulai dari Masjidil Haram Makkah ke Masjidil Aqsa Palestina yang kemudian naik ke langit ke-7 hingga Sidratul Muntaha untuk menerima perintah salat.

Kata Isra merupakan bentuk mashdar dari kata asra yusri isra-an yang secara harfiah berarti perjalanan pada waktu malam sedangkan kata Mi’raj bentuk isim alat dari araja ya ruju yang mengandung arti tangga.

Peristiwa itu dibuktikan dalam Fiman Allah Subhanahu Wa Ta'ala Alquran Surah Al Isra ayat 1:

 

سُبْحٰنَ  الَّذِيْۤ  اَسْرٰ ى  بِعَبْدِهٖ  لَيْلًا  مِّنَ  الْمَسْجِدِ  الْحَـرَا مِ  اِلَى  الْمَسْجِدِ  الْاَ قْصَا  الَّذِيْ  بٰرَكْنَا  حَوْلَهٗ  لِنُرِ يَهٗ  مِنْ  اٰيٰتِنَا  ۗ اِنَّهٗ  هُوَ  السَّمِيْعُ  الْبَصِيْرُ

sub-haanallaziii asroo bi'abdihii lailam minal-masjidil-haroomi ilal-masjidil-aqshollazii baaroknaa haulahuu linuriyahuu min aayaatinaa, innahuu huwas-samii'ul-bashiir

Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (QS. Al-Isra' 17: Ayat 1)

Kapan Isra Miraj 2024 Diperingati

Penetapan peringatan Isra Mi’raj diperingati setiap 27 Rajab. Di Indonesia ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Berdasar ketetapan dan ketentuan pada kalender Hijriyah Kemenag menyatakan bahwa 27 Rajab 1445 H jatuh pada hari Kamis, 8 Februari 2024. Hal itu sesuai dengan 1 Rajab 1445 H yang jatuh pada Sabtu 13 Januari 2024.

Peringatan Isra Miraj, Kamis (8/2), ditetapkan Pemerintah Indonesia sebagai hari libur nasional sesuai dengan yang tertuang dalam SKB 3 Menteri No 3 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024.

Namun ternyata, menilik sejarah lebih dalam ada banyak pendapat berbeda dari berbagai ulama terkait persoalan penetapan kapan terjadinya peristiwa Isra Miraj itu.

Pertama, pendapat Amam Al Baihaqi mengutip pendapat Az-Zuhri yang menyatakan Isra Miraj terjadi pada Rabiul Awal ke-13 setelah diutusnya nabi yakni satu tahun sebelum hijrahnya Nabi ke Madinah.

Kedua, menurut pendapat As-Sadi Isra’ Miraj terjadi pada 19 bulan peristiwa hijrah yakni bertepatan dengan bulan Dzulqadah.

Ketiga, menurut al Harby, Isra dan Miraj terjadi pada 27 Rabiul Akhir satu tahun sebelum Nabi Hijrah.

Keempat, pendapat yang paling populer dan digunakan saat ini yaitu dari Al Manshur Faury yang menyatakan 27 Rajab tahun ke-10 setelah diutusnya Nabi.

Ada juga pendapat paling lemah yang mengatakan bahwa Isra Miraj terjadi sebelum Rasulullah SAW diangkat sebagai nabi. Hal itu pun dibantah Imam An Nawawi dalam Al Minhajnya bahwa perintah Isra Miraj adalah untuk menunaikan ibadah salat dan tidak mungkin apabila peristiwa tersebut terjadi sebelum menerima wahyu. 

Dari semua pendapat berbagai ulama tadi tidak bisa ditetapkan mana yang paling tepat namun pendapat-pendapat tersebut mengacu kepada dua hal yakni Isra dan Miraj terjadi setelah diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan sebelum hijrah ke Madinah. Saat ini banyak digunakan adalah diperingati bertepatan pada 27 Rajab.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #kapan #peringatan #isra #miraj #2024 #catat #tanggal #baiknya

KOMENTAR