Apakah Matahari Mengeluarkan Suara? Simak Fakta Mengejutkan Ini Menurut Sains
Ilustrasi matahari. (Dok. JawaPos)
07:19
21 September 2024

Apakah Matahari Mengeluarkan Suara? Simak Fakta Mengejutkan Ini Menurut Sains

 

Fenomena mengejutkan datang dari para ilmuan astronomi. Mereka mengungkapkan bahwa matahari ternyata mengeluarkan suara. Lantas seperti apa suara matahari?

Dilansir dari laman NASA, Alex Young menjelaskan bagaimana suara sederhana tersebut menghubungkan kita dengan Matahari dan semua bintang lain di alam semesta.

“Gelombang bergerak dan memantul di dalam Matahari, dan jika mata Anda cukup peka, Anda benar-benar dapat melihatnya,” kata Alex Young, direktur asosiasi sains di Divisi Sains Heliofisika di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland.

Data dari SOHO, yang disonifikasi oleh Laboratorium Fisika Eksperimental Stanford, menangkap getaran alami Matahari dan memberi para ilmuwan representasi konkret tentang pergerakan dinamisnya.

"Kita tidak punya cara mudah untuk melihat ke dalam Matahari. Kita tidak punya mikroskop untuk memperbesar bagian dalam Matahari," kata Young.

"Jadi, dengan menggunakan bintang atau getaran Matahari, kita bisa melihat bagian dalamnya,"imbuhnya.

Getaran dan suara yang berfrekuensi rendah ini memungkinkan para ilmuwan mempelajari berbagai gerakan kompleks di dalam Matahari, mulai dari semburan matahari hingga lontaran massa koronal.

"Kita dapat melihat sungai-sungai besar material matahari mengalir di sekitarnya. Kita akhirnya mulai memahami lapisan-lapisan Matahari dan kompleksitasnya," kata Young.

Suara Matahari ini telah dipamerkan di Pusat Pengunjung NASA Goddard di Greenbelt, Maryland. Instalasi seni disebut Solarium.

   

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #apakah #matahari #mengeluarkan #suara #simak #fakta #mengejutkan #menurut #sains

KOMENTAR