Ekspresi Luhut saat Bahlil Dilantik Jadi Menteri ESDM Jadi Sorotan, LBP Tidak 'Happy'?
Bahlil Lahadalia mendapatkan ucapan selamat dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bahkan sampai cipika cipiki. Sementara Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) tampak dingin saat bersalaman dengan Bahlil. 
17:41
19 Agustus 2024

Ekspresi Luhut saat Bahlil Dilantik Jadi Menteri ESDM Jadi Sorotan, LBP Tidak 'Happy'?

Ketua Dewan Penasihat Golkar Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), tampak dingin saat bersalaman dengan Bahlil Lahadalia yang dilantik menjadi Menteri ESDM.

LBP hanya bersalaman singkat tanpa cipika-cipika dengan Bahlil saat pelantikan Menteri ESDM di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Sikap Luhut berbanding terbalik saat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan selamat kepada Bahlil.

Pantau Tribunnews.com, Airlangga menyalami Bahlil setelah Menko PMK.

Airlangga mendapatkan hormat terlebih dahulu dari Bahlil sebelum bersalaman, yang kemudian dibalas hormat lagi oleh Airlangga.

Keduanya bersalaman lalu cipika-cipiki. Airlangga dan Bahlil tampak berkomentar singkat sambil bersalaman.

Sikap Airlangga hampir sama dengan kader Golkar yang saat ini menjabat sebagai Plt Ketua Umum Agus Gumiwang Kartasasmita.

Usai dilantik Jokowi, Bahlil dan Agus terlihat saling memberi hormat.

Saat giliran Agus Gumiwang akan menghampiri untuk bersalaman, Bahlil menyapanya "Tum" sambil hormat.

Agus Gumiwang pun lalu membalas hormat Bahlil.

Sambil menunjuk dirinya sendiri, Agus Gumiwang mengatakan Plt Ketua Umum kepada awak media, lalu menunjuk Bahlil dengan menyebut Ketua Umum.

Agus Gumiwang lalu melakukan salam Komando dengan Bahlil sambil menghadap ke arah awak media.

Keduanya kemudian saling berpeluang dan cium pipi kanan dan cium pipi kiri atau cipika-cipiki.

Luhut Tidak Happy?

Direktur Executive Partner Politik Indonesia Abubakar Solissa mengatakan, tidak menutup kemungkinan Luhut kurang senang atas pencapaian Bahlil saat ini.

Bahlil yang saat ini menjadi Menteri ESDM juga digadang-gadang bakal menduduki kursi Ketua Umum Golkar.

"Secara pribadi saya tidak bisa membaca ekspresi muka Pak Luhut kepada Bahlil Lahadalia saat pelantikan di Istana Negara, Senin (19/8/2024), sehingga sulit membaca suasana kebatinan Pak Luhut kepada Bahlil. Ada kemungkinan Pak Luhut kurang happy dengan pencapaian Bahlil saat ini, baik sebagai seorang menteri maupun sebagai calon Ketum Golkar," kata Abubakar kepada Tribunnews.com.

Abubakar juga menyoroti terkait pernyataan Pak Luhut sebelumnya yang tidak menghendaki adanya Munaslub Golkar.

"Sebagai senior partai, Pak Luhut tidak ingin adanya Munaslub dilakukan, tapi lebih setuju Munas dipercepat. Jadi, ini soal pemaknaan kata atau diksi aja," ujarnya.

Luhut Sempat Menolak Munaslub

Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar kader Partai Golkar tidak mudah terintimidasi oleh pihak luar.

Pernyataan Luhut itu berkaitan dengan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar yang tiba-tiba mencuat di permukaan karena ada beberapa pihak yang menginginkan Munaslub dipercepat menjadi Agustus 2024 ini.

Padahal, jadwal Munaslub seharusnya digelar pada Desember 2024 mendatang.

Setelah kabar munaslub itu muncul, Airlangga Hartarto kemudian memutuskan untuk mundur dari kursi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024).

Sebelumnya mengundurkan diri, Airlangga diketahui sempat bertemu dengan Luhut selaku Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar di Jakarta.

Seusai pertemuan itulah, Luhut menanyakan wacana Munaslub yang beredar di masyarakat.

Hal itu diceritakan oleh Luhut lewat video pendek berdurasi 1 menit 48 detik yang dibuat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta pada Kamis (8/8/2024).

Luhut pun mengaku kaget atas bergulirnya wacana Munaslub Partai Golkar hingga ia mempertanyakan apa yang salah dari Airlangga sebagai Ketum Golkar.

Pasalnya, menurut Luhut, Airlangga sudah bekerja dengan baik sebagai Ketum.

"Apa yang salah dengan Ketua Umum (Partai Golkar) Airlangga Hartarto? Saya di kabinet sama-sama dengan dia dan dia melaksanakan tugasnya dengan baik."

"Dan menurut saya, Golkar dalam kepemimpinan dia itu juga mencapai prestasi yang cukup baik. Kita semua harus kompak di Golkar ini," ujar Luhut dikutip dari Kompas.id, Jumat (9/8/2024).

Karena keheranannya itu, Luhut menekankan kepada seluruh kader Golkar, supaya jangan mau diintimidasi dan dipengaruhi pihak-pihak yang menginginkan munaslub segera digelar tersebut.

Terlebih, upaya munaslub ini telah memicu ketidaksolidan di internal Partai Golkar.

Luhut pun mengimbau kepada seluruh kader Golkar untuk merapatkan barisan mendukung Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar dan hasil Munas 2019.

"Saya ingin sampaikan, jangan pernah Golkar itu diatur-atur oleh orang luar, biarlah Golkar itu menentukan jalannya sendiri."

"Golkar itu akan Munas sesuai aturan Munas yang lalu yaitu bulan Desember, ya kita tunggu saja Desember tahun ini," imbuh dia.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #ekspresi #luhut #saat #bahlil #dilantik #jadi #menteri #esdm #jadi #sorotan #tidak #happy

KOMENTAR