Komentar Yasonna, Bahlil, hingga Rosan Roeslani soal Reshuffle Kabinet Jokowi
Menkumham Yasonna Laoly (kanan) saat menyapa awak media saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/3/2023). --- Dalam artikel mengulas tentang reshuffle kabinet dikabarkan akan dilakukan Senin (19/8/2024), Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly bakal diganti Supratman Andi Agtas. 
08:13
19 Agustus 2024

Komentar Yasonna, Bahlil, hingga Rosan Roeslani soal Reshuffle Kabinet Jokowi

Reshuffle atau perombakan kabinet dikabarkan akan dilakukan pagi ini, Senin (19/8/2024), di Istana Negara Jakarta.

Sumber Tribunnews di lingkungan Istana membenarkan, rencana reshuffle itu dilakukan pukul 09.00 WIB, nanti.

Diketahui, ada lima kementerian atau lembaga yang akan dirombak, ditambah satu kepala lembaga baru bakal dilantik.

Seperti Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly yang dikabarkan diganti politisi Partai Gerindra, Supratman Andi Agtas.

Kemudian, jabatan Menteri Investasi yang sebelumnya diisi Bahlil Lahadalia akan diganti Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Hal tersebut, juga dibenarkan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

“Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri, dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara,” ucap Ari kepada Kompas TV.

Ari menegaskan, pergantian sejumlah nama Menteri dan Wakil Menteri hingga Kepala Badan dilakukan guna mempersiapkan transisi pemerintahan dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke presiden terpilih Prabowo Subianto.

Ragam Komentar Yasonna hingga Bahlil 1. Yasonna Akui Sudah Siap jika di-Reshuffle

Yasonna Hamonangan Laoly menyatakan, kesiapannya jika di-reshuffle hari ini.

Yasonna mengatakan, reshuffle kabinet sepenuhnya kewenangan presiden.

“Isu reshuffle adalah kewenangan sepenuhnya Presiden Indonesia. Am I ready or not? I am more than ready (apa aku siap atau tidak? Aku sudah sangat siap),” ucap Yasonna kepada wartawan usai acara Peluncuran Desain Baru Paspor Republik Indonesia di Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024).

Terkait kepastian reshuffle, Yasonna pun meminta publik menunggu Senin (19/8/2024), apakah dirinya akan diganti atau tidak oleh Presiden Jokowi.

“Kita tunggu besok lusa (hari ini)," kata politikus PDIP itu.

2. Rosan Belum Tahu

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN, Rosan Roeslani, mengaku belum mengetahui kabar dirinya akan terkena reshuffle kabinet Jokowi untuk digeser ke posisi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Jika kabar itu benar, Rosan akan menggantikan posisi Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

"Enggak (belum dihubungi), saya kan juga baru pulang olimpiade (Olimpiade Paris)," katanya Rosan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

"Waduh mohon maaf saya belum denger kabar apa-apa," lanjutnya.

3. Bahlil Sebut Reshuffle Hak Prerogatif Presiden

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengaku belum mengetahui soal isu Presiden Jokowi bakal melakukan perombakan kabinet.

Menteri Investasi itu, dikabarkan bakal menggantikan Arifin Tasrif sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Saya juga enggak tahu," kata Bahlil usai menerima Gelar Tanda Kehormatan di Istana Negara, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024), dilansir Kompas.com.

Meski demikian, Bahlil menegaskan, reshuffle menteri merupakan hak prerogatif presiden.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat berfoto bersama di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna pada Senin (12/8/2024). Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat berfoto bersama di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna pada Senin (12/8/2024). (Dok. Istimewa) Daftar Menteri/Kepala Lembaga yang di-Reshuffle Hari Ini

Diberitakan Tribunnews.com, Presiden Jokowi direncanakan kembali melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada Senin (19/8/2024) hari ini.

Adapun lima menteri atau Kepala lembaga yang akan dirombak, yakni:

1. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang akan diganti politisi Partai Gerindra yang merupakan eks Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas.

2. Menteri ESDM Arifin Tasrif akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat Menteri Investasi atau Kepala BKPM.

Adapun jabatan Menteri Investasi akan diisi oleh Rosan Roeslani yang pada Pilpres lalu merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

3. Kepala Badan Pangan Nasional yang sebelumnya dijabat oleh Arief Prasetyo dikabarkan akan digantikan oleh Prof Rachmat Pambudi yang merupakan akademisi.

4. Presiden Jokowi juga dikabarkan akan melantik Kepala Badan Gizi Nasional yang merupakan lembaga baru. Jabatan tersebut akan diisi oleh Dadan Hindayana.

5. Presiden Jokowi kabarnya juga akan mengganti Menteri LHK Siti Nurbaya. Siti Nurbaya kabarnya akan digantikan oleh Raja Juli Antoni yang kini menjabat Wamen ATR/BPN.

(Tribunnews.com/Suci Bangun DS, Ilham Rian Pratama, Theresia Felisiani, Kompas.com)

Editor: Wahyu Gilang Putranto

Tag:  #komentar #yasonna #bahlil #hingga #rosan #roeslani #soal #reshuffle #kabinet #jokowi

KOMENTAR