Menengok Lagi Riwayat Reshuffle Kabinet Jokowi Tiap Rabu Pon atau Rabu Pahing
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat asal Kutai, bernama Kustin, saat menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-79. Jelang reshuffle kabinet Senin (19/8/2024) pagi ini, menarik mengingat lagi hari keramat Rabu Pon atau Rabu Pahing, tradisi Jokowi setiap kali lakukan reshuffle. 
06:48
19 Agustus 2024

Menengok Lagi Riwayat Reshuffle Kabinet Jokowi Tiap Rabu Pon atau Rabu Pahing

Presiden Jokowi memiliki tradisi dalam pemilihan hari untuk melakukan reshuffle terhadap kabinet yang dipimpinnya.

Jokowi kerap memilih hari Rabu Pon atau Rabu Wage untuk melakukan reshuffle kabinet.

Bahkan, Rabu Pon ataupun Rabu Wage merupakan hari 'keramat' bagi Jokowi ketika melihat kebiasaan mantan Wali Kota Solo itu melakukan reshuffle kabinet.

Berdasarkan catatan Tribunnews.com, Jokowi telah melakukan 11 kali reshuffle kabinetnya sejak pertama kali menjadi presiden pada tahun 2014 lalu.

Terakhir perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terjadi pada Rabu Pon (21/2/2024).

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengisi pos Menteri Agraria dan Tata Ruang (Menteri ATR)/Kepala BPN menggantikan Hadi Tjahjanto.

Sementara Hadi Tjahjanto mengisi pos Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang ditinggalkan Mahfud MD.

Update terkini Jokowi direncanakan kembali melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada Senin (19/8/2024) pukul 09.00 WIB.

Dari informasi yang beredar, lima menteri atau Kepala lembaga yang akan dirombak itu yakni:

1.Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang akan diganti politisi Partai Gerindra yang merupakan eks Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas.

2.Menteri ESDM Arifin Tasrif akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat Menteri Investasi atau Kepala BKPM.

Adapun jabatan Menteri Investasi akan diisi oleh Rosan Roeslani yang pada Pilpres lalu merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

3. Kepala Badan Pangan Nasional yang sebelumnya dijabat oleh Arief Prasetyo dikabarkan akan digantikan oleh Prof Rachmat Pambudi yang merupakan akademisi.

4. Presiden Jokowi juga dikabarkan akan melantik Kepala Badan Gizi Nasional yang merupakan lembaga baru. Jabatan tersebut akan diisi oleh Dadan Hindayana.

5. Presiden Jokowi kabarnya juga akan mengganti Menteri LHK Siti Nurbaya. Siti Nurbaya kabarnya akan digantikan oleh Raja Juli Antoni yang kini menjabat Wamen ATR/BPN.

Riwayat Reshuffle Kabinet Jokowi Tiap Rabu Pon atau Rabu Pahing

Isu terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah berhembus sejak pekan kemarin.

Dari informasi yang beredar di kalangan awak jurnalis di Istana, setidaknya ada lima kementerian atau lembaga yang akan dirombak ditambah satu kepala lembaga baru yang akan dilantik.

Masih menurut sumber, Reshuffle Kabinet akan berlangsung Senin (19/8/2024) pukul 09.00 WIB.

Diketahui Presiden Jokowi terakhir kali reshuffle kabinet pada Februari 2024 silam yang mana Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengisi pos Menteri Agraria dan Tata Ruang (Menteri ATR)/Kepala BPN menggantikan Hadi Tjahjanto.

Sementara Hadi Tjahjanto mengisi pos Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang ditinggalkan Mahfud MD dan digantikan sementara atau ad interim oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Profil Agus Harimurti Yudhoyono(AHY) resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Rabu (21/2/2024) di Istana Negara, Jakarta. Profil Agus Harimurti Yudhoyono(AHY) resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi)  Rabu (21/2/2024) di Istana Negara, Jakarta. (Tangkap layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)

Pelantikan terhadap AHY dan Hadi Tjahjanto oleh Jokowi dilakukan Rabu (21/2/2024) maka reshuffle dilakukan pada Rabu Pon menurut kalender Jawa.

Terkait hal ini, Jokowi memang memiliki tradisi dalam pemilihan hari untuk melakukan reshuffle terhadap kabinet yang dipimpinnya.

Adapun Jokowi kerap memilih hari Rabu Pon atau Rabu Wage untuk melakukan reshuffle kabinetnya.

Bahkan, Rabu Pon ataupun Rabu Wage merupakan hari 'keramat' bagi Jokowi ketika melihat kebiasaan mantan Wali Kota Solo itu melakukan reshuffle kabinet.

Jokowi 11 Kali Reshuffle Kabinet

Berdasarkan catatan Tribunnews.com, Jokowi telah melakukan 11 kali reshuffle kabinetnya sejak pertama kali menjadi presiden pada tahun 2014 lalu.

Dari 11 reshuffle tersebut, mayoritas dilakukan oleh Jokowi pada Rabu Pon ataupun Rabu Pahing.

Untuk rinciannya, Jokowi melakukan tiga kali reshuffle kabinet pada hari Rabu Pon yaitu 12 Agustus 2015, 27 Juli 2016, dan 23 Desember 2020.

Senada, Jokowi juga melakukan reshuffle kabinet sebanyak tiga kali ketika jatuh pada hari Rabu Pahing yaitu 17 Januari 2018, 15 Agustus 2018, dan 15 Juni 2022.

Sisanya, Jokowi melakukan reshuffle di beberapa hari berbeda seperti Rabu Wage (28 April 2021 dan 25 Oktober 2023), Senin Wage (17 Juli 2023), dan Rabu Legi (7 September 2022)

Terakhir Jokowi reshuffle kabinet pada Rabu Pon (21/2/2024). Presiden Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Jokowi juga melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).


Selengkapnya berikut daftar reshuffle kabinet yang dilakukan Jokowi

2. Reshuffle Kabinet Kedua, 27 Juli 2016 (Rabu Pon)

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, pada reshuffle kabinet kedua ini Jokowi merombak 13 posisi menteri dan satu badan.

- Menteri Perhubungan (Menhub): dari Ignasius Jonan ke Budi Karya Sumadi

- Menteri PPN/Bappenas: dari Sofyan Djalil ke Bambang Brodjonegoro

- Menteri Keuangan (Menkeu): dari Bambang Brodjonegoro ke Sri Mulyani

- Menteri Agraria dan Tata Ruang: dari Ferry Mursidan Baldan ke Sofyan Djalil

- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral: dari Sudirman Said ke Archandra Tahar

- Menteri Perindustrian: dari Saleh Husin ke Airlangga Hartarto

- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: dari Anies Baswedan ke Muhajir

- Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa dan PDTT): dari Marwan Jafar ke Eko Putro Sanjojo

- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi, dan Birokrasi (Menteri PAN-RB): dari Yuddy Chrisnadi ke Asman Abnur

- Menko Polhukam: dari Luhut Binsar Pandjaitan ke Wiranto

- Menko Marves: dari Rizal Ramli ke Luhut Binsar Pandjaitan

- Mendag: dari Thomas Lembong ke Enggartiasto Lukita

- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM): dari Thomas Lembong ke Franky Sibarani

- Wakil Menteri Perindustrian: Franky Sibarani melalui Keputusan Presiden (Keppres)

4. Reshuffle Kabinet Keempat, 15 Agustus 2018 (Rabu Pahing)

Enam bulan usai reshuffle ketiga, Jokowi kembali merombak kabinetnya tepatnya pada 15 Agustus 2018.

Pada saat itu, hanya satu menteri yang diganti yaitu Menteri PAN-RB Asman Abnur diganti oleh mantan Wakil Kapolri, Syafruddin.

6. Reshuffle Kabinet Keenam, 28 April 2021 (Rabu Wage)

Masih dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, pada momen reshuffle kali ini, Jokowi menyatukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi menjadi Kemendikbudristek.

Jokowi pun melakukan reshuffle dengan menunjuk Nadiem Makarim yang sebelumnya menjabat sebagai Mendikbud menjadi Mendikbudristek.

Penyatuan dua kementerian ini membuat Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) saat itu, Bambang Brodjonegoro terdepak dari kabinet.

Sementara, BRIN menjadi badan tersendiri dan Jokowi mengangkat Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN.

Selain itu, ia juga melakukan pengangkatan terhadap Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi setelah sebelumnya menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Adapun alasan diangkatnya Bahlil menjadi Menteri Investasi karena adanya perubahan nomenklatur dari BKPM menjadi Kementerian Investasi.

8. Reshuffle Kedelapan, 7 September 2022 (Rabu Legi)

Jokowi kembali melakukan reshuffle pada 7 September 2022 di pos Mendagri.

Pada saat itu, dia melantik Abdullah Azwar Anas yang menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia.

10. Reshuffle Kesepuluh, 25 Oktober 2023 (Rabu Wage)

Jokowi melakukan resuffle terakhir kali pada 25 Oktober 2023 lalu.

Dia melantik Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang tersandung kasus dugaan gratifikasi dan pemerasan di lingkungan Kementan.

Sebelumnya, Andi pun pernah mengisi pos yang sama saat kabinet Jokowi jilid 1.

Tag:  #menengok #lagi #riwayat #reshuffle #kabinet #jokowi #tiap #rabu #atau #rabu #pahing

KOMENTAR