Bersama Lafadz NC, Nasaruddin Umar Bahas Rencana Dialog Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal  
Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar secara resmi menyambut baik agenda silaturahmi dan kunjungan Lafadz Nusantara Center ke Masjid Istiqlal. / istimewa 
10:29
16 Agustus 2024

Bersama Lafadz NC, Nasaruddin Umar Bahas Rencana Dialog Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal  

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar menyambut baik agenda silaturahmi Lafadz Nusantara Center ke Masjid Istiqlal.

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus menyampaikan hasil-hasil diskusi publik bertajuk 'Memaknai Rencana Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia: Mau Apa Kesini?' pada 20 Juli 2024 kemarin.

Seperti diketahui, rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, akan berlangsung pada 3-6 September 2024 mendatang.

Kehadiran Paus Fransiskus sebagai Presiden Takhta Suci Vatikan dan Pimpinan Gereja Katolik Dunia selama di Indonesia itu, diagendakan akan melakukan Dialog bersama tokoh-tokoh agama yang bertempat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Kami menyambut baik kedatangan anak-anak muda yang bernaung di Lafadz Nusantara Center ini. Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia ini, tentunya akan menjadi momentum yang baik bagi bangsa Indonesia," kata Nasaruddin Umar, Kamis (16/8/2024).

Imam Besar juga mengatakan, bahwa Negara secara resmi juga telah memberikan tugas kepada Masjid Istiqlal untuk mengawal rencana dialog tamu negara ini dengan tokoh-tokoh agama di Istiqlal.

"Tentu kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia ini, adalah kunjungan kenegaraan. Karena ini di agendakannya juga cukup lama sekali," sambungnya.

Nasaruddin Umar juga mengatakan bahwa, Masjid Istiqlal sebagai Masjid negara Indonesia telah banyak melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga di negara lain, dan saat ini posisinya tengah menjadi sorotan dunia, karena telah berhasil memperlihatkan wajah Islam yang Rahmatan lil Alamin.

Selain itu, dia juga mengajak semua stakeholder dan umat Muslim Indonesia terus mensyiarkan nilai-nilai Islam yang ramah, damai dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, seperti telah disebutkan dalam Alquran.

"Masjid Istiqlal saat ini tengah menjadi sorotan dunia. Kemudian juga umat Islam Indonesia juga demikian. Oleh karenanya, kita semua harus terus mensyiarkan nilai-nilai Islam yang damai, dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Kita juga harus menampilkan Islam ini, adalah Rahmatan Lil 'alamin, kami tentu sangat mendukung langkah Lafadz Nusantara Center ini," kata Nasaruddin Umar.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Lafadz Nusantara Center, Deni Iskandar menyambut baik rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Terlebih dalam kunjungan tersebut, Paus Fransiskus akan melakukan dialog dengan tokoh-tokoh agama di Masjid Istiqlal pada saat kunjungannya nanti ke Indonesia.

"Tentu kami sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi atau bersedianya Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia ini. Apalagi agendanya juga ada Dialog juga di Istiqlal, tentu ini sangat baik bagi bangsa Indonesia," atanya.

Alumni NAF-DID Vatican sekaligus Mahasiswa Magister Studi Agama-Agama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menegaskan bahwa, agenda dialog Paus Fransiskus bersama Tokoh-Tokoh Agama di Istiqlal ini merupakan langkah yang baik, dan harus didukung oleh semua pihak di Indonesia.

"Kami sangat mendukung langkah yang baik ini. Tentunya kami juga mengajak kepada semua pihak dan semua elemen bangsa Indonesia untuk juga sama-sama mendukung agenda Dialog ini. Bangsa ini harus bergandengan tangan dan berjalan bersama, dalam menjawab tantangan yang saat ini bangsa Indonesia hadapi, dari mulai Kemiskinan, Perubahan Iklim dan seterusnya," tegas Deni.

Sebagai informasi, dalam rangka menyambut agenda kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Lafadz Nusantara Center saat ini terus melakukan konsolidasi kepada semua pihak.

Pada 3 Agustus 2024 lalu, Lafadz Nusantara Center berkunjung dan berdiskusi dengan Islamic Cultural Center (ICC) di Jakarta Selatan. ICC Jakarta adalah Yayasan Islam Syiah yang ada di Indonesia.

Editor: Theresia Felisiani

Tag:  #bersama #lafadz #nasaruddin #umar #bahas #rencana #dialog #paus #fransiskus #masjid #istiqlal

KOMENTAR