Tidak Banyak Ikut Dinamika Perjodohan Elite, RK Siap Adaptasi Siapa pun Cawagub Pilihan KIM Plus
Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (RK). (Suara.com/Novian)
18:12
15 Agustus 2024

Tidak Banyak Ikut Dinamika Perjodohan Elite, RK Siap Adaptasi Siapa pun Cawagub Pilihan KIM Plus

Ridwan Kamil (RK) mengklaim belum mengetahui siapa sosok yang akan diusung untuk mendampinginya maju di Pilkada Jakarta. Ia berujar masih ada dinamika soal menentukan bakal calon wakil gubernur.

Diketahui sejauh ini, muncul nama politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suswono yang diusulkan menjadi cawagub untuk RK. Tetapi di luar nama itu, RK menegaskan dirinya tidak banyak terlibat di dalam penentuan.

Persoalan perjodohan di Pilkada Jakarta, ia serahkan kepada Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus.

"Saya tidak terlalu banyak ikut ya dalam dinamika perjodohannya. Jadi ikut gimana koalisi dari KIM plus," kata RK usai menerima rekomendasi dari PSI untuk maju di Pilakda Jakarta, di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

Baca Juga: Latar Belakang Pendidikan Suswono, Santer Diisukan Bakal Jadi Wakil RK di Pilgub Jakarta

Sementara itu terkait nama Suswono, RK mengaku dirinya sebatas mendengar dari media. RK menegaskan bahwa siapapun pasangannya ke depan di Pilakda Jakarta, ia akan beradaptasi, termasuk dengan Suswono.

"Pada dasarnya kalau saya, kan saya sudah dua kali Pilkada ya kan, pemilihan wali kota dan gubernur, saya selalu beradaptasi dengan siapapun yang dijodohkan sebagai pasangan dalam kontestasi Pilkada," kata RK.

"Jadi dengan Pak Suswono juga, kalau Suswono kalau itu betul, tapi saya tidak mau mendahulu ya, saya kira saya bisa dengan mudah beradaptasi," sambungnya.

Inisial S Ternyata Suswono

Sebelumnya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkapkan sosok inisial S yang disebut menjadi pendamping Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta. Inisial S yang dimaksud adalah politikus senior PKS, Suswono.

Baca Juga: Geli Dengar Ada KIM Plus di Pilkada, Megawati: Plusnya Tuh Opo?

Zulhas menegaskan S tersebut merujuk kepada Suswono, bukan Sang yang merujuk kepada nama Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.

"Suswono, ngggak (Kaesang)," kata Zulhas di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2024).

Zulhas mengakui memang sudah ada yang mengusulkan agar nama Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS itu menjadi cawagub untuk RK. Bagi Zulhas, Suswono sendiri bukan orang baru. Melainkan koleganya saat sama-sama menjadi menteri di pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Suswono temen saya waktu saya dulu menteri kehutanan, beliau mentan," kata Zulhas.

Sementara itu, RK belum memastikan siapa sosok S yang dimaksud ketika ditanya mengenai nama Suswono.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #tidak #banyak #ikut #dinamika #perjodohan #elite #siap #adaptasi #siapa #cawagub #pilihan #plus

KOMENTAR