Tak Pakai Atuan Buka Jilbab, Heru Budi Kukuhkan 42 Anggota Paskibraka DKI
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Rabu (14/8/2024). (Suara.com/Fakhri)
19:52
14 Agustus 2024

Tak Pakai Atuan Buka Jilbab, Heru Budi Kukuhkan 42 Anggota Paskibraka DKI

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Rabu (14/8/2024). Nantinya, para Paskibraka ini akan melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Jakarta.

Dalam pengukuhan ini, ada 42 anggota Paskibraka DKI yang terpilih dari berbagai sekolah seluruh wilayah DKI Jakarta. Mereka telah melalui seleksi dari tingkat sekolah sampai provinsi.

Selama pengukuhan berlangsung, terlihat ada sejumlah Paskibraka wanita yang tetap menggunakan jilbab.

Diketahui, belum lama ini publik digegerkan dengan dugaan larangan menggunakan jilbab bagi para Paskibraka wanita tingkat pusat yang akan melangsungkan upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga: Kontroversi Kepala BPIP Yudian Wahyudi: Dulu Larang Cadar-Agama Musuh Pancasila, Kini Dikritik Lepas Hijab Paskibraka

Namun, untuk pengukuhan di tingkat DKI tak ada aturan wajib membuka jilbab bagi yang menggunakannya selama pengukuhan. Mereka tetap melaksanakan upacara seperti biasa dan mengucap janji Paskibraka.

"Sore hari ini Pemda DKI melalui Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) sudah memberikan pengukuhan untuk Paskibra 2024 yang akan bertugas mulai hari ini dan tentunya nanti 17 Agustus 2024," ujar Heru usai melaksanakan pengukuhan.

"Dan setahun ke depan tugas-tugas yang akan diberikan pemprov DKI Jakarta," lanjutnya menambahkan.

Heru menyebut sebenarnya ada 44 Paskibraka yang dipilih. Namun, dua lainnya dikirim untuk upacara tingkat pusat di IKN.

"Kedua saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang telah terpilih sebagai paskibra 2024 dan dua diambil tingkat nasional yang kemarin di IKN sudah dikukuhhkan oleh Bapak Presiden," ucapnya.

Baca Juga: Tugas dan Fungsi Utama BPIP, Jadi Sorotan Karena Kontroversi Lepas Jilbab Paskibraka

Heru mengatakan, kota Jakarta Timur menjadi pengirim Paskibraka tingkat provinsi paling banyak kali ini. Ada juga satu siswa yang berasal dari Kepulauan Seribu.

"Paling banyak (dari) Jakarta Timur, kedua Jakarta Selatan, ketiga (Jakarta) Barat, Pusat, dan terakhir Utara dan Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu ada satu (siswa)," pungkasnya.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #pakai #atuan #buka #jilbab #heru #budi #kukuhkan #anggota #paskibraka

KOMENTAR