Anies dan Prabowo Akan Kampanye Akbar di Jatim dan Jakarta pada 2 Hari Terakhir Masa Kampanye
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan) bersama capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) mengenakan jaket sebagai komitmen pemberantasan korupsi saat menghadiri Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Paku integritas menjadi momentum pernyataan komitmen tiga pasangan capres-cawapres dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.
21:34
19 Januari 2024

Anies dan Prabowo Akan Kampanye Akbar di Jatim dan Jakarta pada 2 Hari Terakhir Masa Kampanye

- Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dijadwalkan kampanye akbar rapat umum di provinsi yang sama dengan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming pada dua hari terakhir masa kampanye.

Mengutip Keputusan KPU RI Nomor 78 Tahun 2024, Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran sama-sama bakal berkampanye akbar rapat umum di Jawa Timur (Jatim) pada 9 Februari 2024.

Anies-Muhaimin bakal berkampanye di Sidoarjo, Sedangkan Prabowo-Gibran di Surabaya. Dua kota ini bertetangga satu sama lain.

Sementara itu, pada 10 Februari 2024, kedua kubu sama-sama menggelar kampanye akbar rapat umum di dua stadion megah di DKI Jakarta.

Anies-Muhaimin bakal berkampanye di Jakarta International Stadium (JIS). Sementara Prabowo-Gibran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Kampanye pasangan capres-cawapres ini akan diikuti oleh partai pengusung dan pendukung masing-masing kubu.

Koordinator Divisi Sosialisasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU RI, August Mellaz menyampaikan bahwa pada tiga hari terakhir masa kampanye, setiap capres-cawapres memang dapat mengajukan di wilayah mana mereka akan berkampanye.

Tiga hari terakhir masa kampanye tersebut adalah 8-10 Februari 2024.

Sementara itu, selama 18 hari terhitung mulai 21 Januari hingga 7 Februari, KPU RI telah membagi zonasi kampanye masing-masing pasangan calon, agar tak menggelar kampanye akbar rapat umum di provinsi yang sama dalam satu hari.

"Khusus tiga hari terakhir (masa kampanye) ada permintaan untuk diberikan keleluasaan. Nah keleluasaan itu sampai ke sana. Nah, secara teoretis, bisa diproyeksikan pasti ada titik pertemuan," kata Mellaz kepada wartawan pada Jumat (19/1/2024).

"Sebagai keputusan, itu yang dijalankan dan kemudian persoalan-persoalan lainnya secara teknis kami tentu akan meningkatkan koordinasi dengan pihak kepolisian," ujarnya lagi.

Editor: Vitorio Mantalean

Tag:  #anies #prabowo #akan #kampanye #akbar #jatim #jakarta #pada #hari #terakhir #masa #kampanye

KOMENTAR