Pilot Selandia Baru Ditembak dan Dibakar OPM, Begini Kronologi Satgas Cartenz Evakuasi Jasad Glen ke Timika
Pilot Selandia Baru Ditembak dan Dibakar OPM, Begini Kronologi Satgas Cartenz Evakuasi Jasad Glen ke Timika. (Foto ist)
14:24
6 Agustus 2024

Pilot Selandia Baru Ditembak dan Dibakar OPM, Begini Kronologi Satgas Cartenz Evakuasi Jasad Glen ke Timika

Jasad Glen Malcolm Conning (50), pilot helikopter asal Selandia Baru yang tewas akibat ditembak mati dan jasadnya dibakar oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) berhasil dievakuasi oleh Satgas Operasi Damai Cartenz. 

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan pihaknya telah mengutus pasukan dari Timika ke Distrik Alama, Kabupaten Mimika, untuk mengevakuasi jenazah pilot ke Timika.

“Satgas Damai Cartenz-2024 dan gabungan TNI-Polri dari Timika telah diberangkatkan ke Distrik Alama untuk mengevakuasi jenazah pilot dan juga olah TKP,” kata Faizal, saat dikonfirmasi, Selasa (6/8/2024).

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno mengatakan jasad Glen dapat evakuasi oleh pihaknya, sekira pukul 12.50 WIT. Saat ini, Glen sudah berada di Timika untuk dilakukan autopsi.

Baca Juga: Kronologi OPM Sandera Dan Bunuh Pilot Asal Selandia Baru Lalu Jasadnya Dibakar

“Jenazah pilot telah dievakuasi dari Distrik Alama ke Timika dan tiba pukul 12.50 WIT. Saat ini, jenazah dilakukan visum et repertum,” jelas Bayu.

Bayu Suseno juga menegaskan yang dilakukan oleh pihak OPM merupakan perbuatan yang tidak manusiawi.

Akibat ulah mereka, masyarakat di Distrik Alama sulit untuk mendapatkan pasokan bahan pangan. Pasalnya, Distrik Alama merupakan distrik yang terisolasi. Akses keluar-masuk ke Distrik Alama hanya bisa menggunakan helikopter.

“Tindakan yang dilakukan KKB di Distrik Alama adalah aksi yang kejam dan membuat masyarakat Alama kesulitan memperoleh dukungan bahan makanan dan fasilitas kesehatan karena penerbangan menuju Alama saat ini dihentikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, pilot helikopter milik PT Intan Angkasa Air Service, Glen Malcolm Conning (50) ditembak mati oleh TPNPB OPM. Saat itu, Glen sedang membawa penumpang dari Bandara Moses Kilangin Timika dengan tujuan Distrik Alama.

Baca Juga: OPM Dilaporkan Tembak Mati Pilot Helikopter Asal Selandia Baru, Jasad Dan Pesawat Dibakar

Sesampainya di tujuan, Glen langsung dicegat oleh pasukan OPM yang dilengkapi dengan senjata api.

Saat kejadian, pilot asal Selandia Baru itu sedang  membawa 4 orang penumpang; 2 tenaga kesehatan alias nakes, seorang bayi dan satu orang anak di bawah umur

Glen diminta turun dari helikopternya usai mendarat di Distrik Alama. Tak hanya Glen, keempat penumpangnya pun dipaksa untuk turun. Setelah para korban dibawa ke sebuah tanah lapang, pasukan OPM langsung mengeksekusi Glen.

Sadisnya, para pelaku membawa jasad Gled ke dalam helikopter dan kemudian dibakar. 

Sementara keempat penumpang helikopter tersebut dibebaskan lantaran mereka merupakan warga Distrik Alama.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #pilot #selandia #baru #ditembak #dibakar #begini #kronologi #satgas #cartenz #evakuasi #jasad #glen #timika

KOMENTAR