Gus Yahya ke Kader Banser saat Apel Siaga: Tetap Disiplin, Percayakan ke Pimpinan NU!
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya menerima ratusan kader Banser pada hari ini. (Foto dok. PBNU)
13:52
5 Agustus 2024

Gus Yahya ke Kader Banser saat Apel Siaga: Tetap Disiplin, Percayakan ke Pimpinan NU!

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya menerima ratusan kader Banser pada hari ini. Mereka melakukan Apel Siaga Satu Komando di Gedung PBNU, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024).

Pada kesempatan itu, Gus Yahya menyampaikan agar kader Banser tetap disiplin dalam barisan di tengah dinamika yang berkembang.

“Saya perintahkan kepada Sahabat Ansor-Banser seluruh Indonesia; pertama, tetaplah dalam disiplin barisan, jangan tercerai-berai,” kata Gus Yahya di Gedung PBNU, Senin (5/8/2024).

Selain itu, Gus Yahya juga menyampaikan agar kader Banser tetap disiplin dalam kepemimpinan dan tidak bergerak sendiri-sendiri.

Baca Juga: Wasekjen PBNU Sebut Unjuk Rasa Minta Gus Yahya Mundur Didalangi PKB: Bukti Banyak

Setiap langkah dan tindakan kader Banser, ucap Gus Yahya, harus merupakan perwujudan dari konsolidasi gerak seluruh elemen Nahdlatul Ulama.

“Terutama Ansor-Banser sebagai ototnya Nahdlatul Ulama,” tegas Gus Yahya.

Ratusan kader Banser saat Apel Siaga Satu Komando di Gedung PBNU, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024). (Foto dok. PBNU)Ratusan kader Banser saat Apel Siaga Satu Komando di Gedung PBNU, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024). (Foto dok. PBNU)

Dia juga berpesan untuk tetap mempercayakan mengenai langkah ke depan kepada pimpinan Nahdlatul Ulama.

“Ketiga, percayakan, segala sesuatu, segala pertimbangan mengenai langkah-langkah kedepan kepada pimpinan Nahdlatul Ulama,” ujar Gus Yahya.

Untuk itu, Gus Yahya meminta agar kader Ansor-Banser seluruh Indonesia untuk bersabar sampai ada perintah untuk bertindak.

Baca Juga: Respons Panas Cak Imin Soal Pernyataan Ketum PBNU: Yang Rusak Itu Yahya Sama Saiful

“Sekali lagi tetaplah dalam disiplin kader, tetaplah dalam disiplin pasukan, tetaplah dalam disiplin barisan,” tandas Gus Yahya.

Konflik dengan PKB

Konflik antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berpotensi melebar. Sebelumnya konflik itu ditengarai lantaran hubungan pribadi antara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan Yahya Cholil Staquf selaku Ketua PBNU dan adiknya Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama.

Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farchan, menilai konflik tersebut kini sudah menjadi konflik antarlembaga dan berpotensi kian melebar.

"Konflik PKB-PBNU berpotensi meluas secara kelembagaan," kata Yusak kepada Suara.com, Senin (5/8/2024).

Yusak mengatakan tidak menutup kemungkinan kubu Cak Imin akan bermanuver menggulingkan kepemimpinan Gus Yahya melalui Muktamar Luar Biasa Nahdlatul Ulama. Kemungkinan sama berlaku sebaliknya untuk Cak Imin.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #yahya #kader #banser #saat #apel #siaga #tetap #disiplin #percayakan #pimpinan

KOMENTAR