Dari KIM Sampai KIM Plus di Pilkada Jakarta, PKS Bakal Gabung ?
(dari kiri ke kanan) Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra memberi pernyataan pers usai menggelar pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Jumat (13/10/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
11:04
2 Agustus 2024

Dari KIM Sampai KIM Plus di Pilkada Jakarta, PKS Bakal Gabung ?

Koalisi Indonesia Maju atau KIM berpeluang menambah jumlah pasukannya untuk menghadapi Pilkada Jakarta. Sejumlah wacana dilempar petinggi KIM yang menyebut bakal ada parpol yang bakal bergabung dengan koalisi pemerintah tersebut.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebar kode PKS bisa jadi akan bergabung, namun hal tersebut masih menunggu keputusan petinggi parpol di dalam KIM. Pun begitu dengan Wakil Ketum Golkar Dito Ariotejo yang menyatakan kemungkinan tersebut bisa terjadi.

Berikut merupakan kumpulan artikel politik pilihan Redaksi terkait KIM plus yang didengungkan bakal terbentuk di Pilkada Jakarta.

1. Tunggu Prabowo Pulang dari Luar Negeri, KIM Bakal Diskusi Serius Tentukan Sikap di Pilgub Jakarta

Baca Juga: Zulhas: PKS Bergabung dengan KIM Bergantung pada Pimpinan

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Suara.com/Yasir).Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Suara.com/Yasir).

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Dito Ariotedjo, menilai akan ada diskusi serius dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menentukan sikap soal Pilkada Jakarta 2024.

Diskusi tersebut akan dilakukan setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali ke tanah air dari kunjungan luar negeri.

2. Golkar Kasih Sinyal Positif jika PKS Gabung ke KIM untuk Pilgub Jakarta

Politikus Partai Golkar Dito Ariotedjo. (Suara.com/Novian)Politikus Partai Golkar Dito Ariotedjo. (Suara.com/Novian)

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Dito Ariotedjo, menilai akan jadi hal yang bagus, apabila Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga: Belum Tentu Usung Anies, Idrus Marham Sebut PKS, PKB, NasDem Punya Peluang Gabung KIM Plus di Pilgub Jakarta

"Baguslah (PKS bergabung ke KIM) kita kan dalam membangun bangsa provinsi sampai kabupaten kota sampai negara, intinya selama bisa bersama lebih baik itu lebih bagus," kata Dito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

3. Dasco Gerindra Pastikan KIM Akan Plus di Pilgub Jakarta, Parpol Mana yang Gabung?

etua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Suara.com/Bagaskara)etua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Suara.com/Bagaskara)

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) pasti akan plus partai lain untuk menghadapi Pilkada Jakarta 2024.

Dasco memastikan bakal ada kejutan partai lain bergabung.

4. Belum Tentu Usung Anies, Idrus Marham Sebut PKS, PKB, NasDem Punya Peluang Gabung KIM Plus di Pilgub Jakarta

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama elite parpol di Koalisi Indonesia Maju. [Suara.com/Alfian Winanto]Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama elite parpol di Koalisi Indonesia Maju. [Suara.com/Alfian Winanto]

Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham, membeberkan nama-nama partai politik yang kemungkinan besar bergabung bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) terutama untuk hadapi Pilkada 2024. Partai tersebut yakni PKS, PKB, dan NasDem.

"Dari awal kan sebenarnya NasDem sudah memberikan sinyal akan gabung, PKB akan gabung, kemudian belakangan adalah PKS," kata Idrus di Jakarta, Kamis (1/8/2024).

5. Zulhas Bicara Soal Peluang PKS Gabung KIM: Kita Ikut Pimpinan

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas. (Suara.com/Novian)Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas. (Suara.com/Novian)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyampaikan belum ada pembicaraan lebih lanjut perihal peluang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Belum ada pembicaraan," kata Zulkifli Hasan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Baca selengkapnya

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #dari #sampai #plus #pilkada #jakarta #bakal #gabung

KOMENTAR