Segera Balik Lagi, Jokowi Ajak 500 Relawan Kumpul di IKN pada Minggu 11 Agustus
Ilustrasi--Segera Balik Lagi, Jokowi Ajak 500 Relawan Kumpul di IKN pada Minggu 11 Agustus. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./nym.
17:04
31 Juli 2024

Segera Balik Lagi, Jokowi Ajak 500 Relawan Kumpul di IKN pada Minggu 11 Agustus

Menteri Komunikasi dan Informatika yang juga Ketua Umum Relawan Projo, Budi Arie Setiadi menyampaikan rencana Presiden Jokowi mengajak relawan ke Ibu Kota Nusantara dilaksanakan pada 11 Agustus mendatang.

Ia berujar, sesuai rencana relawan akan berangkat satu hari sebelumnya. Adapun rencana bersama Jokowi di IKN dijadwalkan 11 Agustus. 

"Tadi sudah bilang sama bapak, tanggal 11. Kami (relawan) berangkat 10 dan 11, tapi acaranya sama Pak Presiden (Jokowi) tanggal 11," kata Budi di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Budi memastikan jumlah relawan yang turut serta ke IKN dalam kegiatan bersama presiden, yakni berjumlah 500 relawan.

Baca Juga: Bela Jokowi, Grace Natalie Minta Megawati Tak Berdebat soal Tagline 'Indonesia Maju', Begini Katanya!

Menkominfo Budi Arie Setiadi. (ANTARA/Yashinta Difa Pramudyani)Menkominfo Budi Arie Setiadi. (ANTARA/Yashinta Difa Pramudyani)

Ia menampik bila agenda kunjungan presiden bersama relawan ke IKN dalam rangka menunjukan legacy Jokowi kepada relawan.

"Bukan. Ini supaya kita semua sadar bahwa pemindahan ibu kota ini adalah bagian penting dari membangun Indonesia untuk masa depan," kata Budi.

Ajak Relawan ke IKN

Sebelumnya, Jokowi berencana mengajak para relawan ke IKN. Rencana kepala negara ini sebelumnya diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie.

Budi yang juga merupakan Ketua Umum Relawan Projo mengungkapkan dirinya diminta presiden mengurus keberangkatan 500 relawan ke IKN. Terpisah, Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Utje Gustav membenarkan adanya rencana kegiatan presiden bersama relawan di IKN tersebut.

Baca Juga: Semringah saat Pamer Ruang Kerja dan Tempat Tidur di IKN, Jokowi Bilang Begini

"Iya betul," kata Utje kepada wartawan, Senin (29/7/2024).

Namun, Utje masih belum memastikan terkait kapan agenda keberangkatan relawan ke IKN. 

Ketua Panitia Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi, Panel Barus (kiri), menyerahkan hasil musyawarah ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (kanan) pada puncak musra di Gedung Istora, Jakarta, Minggu (14/5/2023). ANTARA/Putu Indah SavitriKetua Panitia Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi, Panel Barus (kiri), menyerahkan hasil musyawarah ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (kanan) pada puncak musra di Gedung Istora, Jakarta, Minggu (14/5/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri

"Tanggalnya masih tentatif. Bisa tanggal 4 Agustus, bisa tanggal 11 Agustus, bisa juga setelah tanggal itu. Tapi yang pasti bukan di hari kerja. Lebih kurang 500 relawan," ujarnya.

Menurutnya, relawan turut andil dalam proyek IKN yang menjadi legacy Jokowi. 

"IKN itu salah satu legacy pemerintahan Pak Jokowi, itu berarti legacy relawan juga," katanya.

Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer atau Noel. (Suara.com/Novian)Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer atau Noel. (Suara.com/Novian)

Sementara itu, Ketua Umum Prabowo Mania 08 yang juga memimpin relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer atau Noel membenarkan adanya agenda tersebut. Ia mengaku diberitahu terkit agenda tersebut melalui staf Menkominfo.

Tetapi terkait tanggal keberangkatan relawan ke IKN masih tentatif.

"Yang pasti kita diundang presiden," kata Noel kepada wartawan, Senin (29/7/2024).

Menurut Noel, akan ada banyak agenda dalam kunjungan relawan ke IKN. Tidak terkecuali mengenai transisi pemerintahan kepada presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Setiap pertemuan tuh kan pasti akan ada yang dikomunikasikan. Pesan yang disampaikan presiden. Mungkin persiapan 17 Agustus, transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo.l, banyak lah pasti," kata Noel.

Termasuk mengenai komitmen membangun IKN. "Sudah pasti lah itu. Sekarang opini kan seakan akan IKN tidak ada, IKN ditinggalkan, nggak lah. Lanjut itu IKN," kata Noel.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #segera #balik #lagi #jokowi #ajak #relawan #kumpul #pada #minggu #agustus

KOMENTAR