Tewas Usai Sedot Lemak, Selebgram Ella Nanda Ternyata Ditangani Oleh Dokter Umum
ilustrasi mayat. [pixabay]
17:20
30 Juli 2024

Tewas Usai Sedot Lemak, Selebgram Ella Nanda Ternyata Ditangani Oleh Dokter Umum

Tindakan operasi sedot lemak kepada selebgram asal Medan, Ella Nanda Sari Hasibuan, rupanya dilakukan oleh dokter umum. Diketahui, Ella melakukan tindakan sedot lemak di WSJ klinik yang berlokasi di Beji, Depok, Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati mengatakan, bahwa WSJ klinik kecantikan memang telah memiliki izin praktik. Akan tetapi, statusnya klinik pratama. Artinya, pelayanan dilakukan oleh dokter umum.

Hanya saja, pihak klinik juga menyertakan dokumen sertifikasi pelatihan dokter karena pelayanan yang diberikan terkait dengan estetika.

"Ketika proses pengumuman proses izin, pihak klinik menyertakan sertifikat pelatihan-pelatihan estetika. Sehingga dalam rincian teknis klinik bisa untuk lakukan pelayanan estetika," kata Mary kepada wartawan, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: Terungkap! Klinik WSJ Depok Baru Kantongi Izin 3 Hari Sebelum Selebgram Medan Tewas Sedot Lemak

Mary enggan memberi komentar terkait kewenangan dokter umum bersertifikat untuk lakukan tindakan operasi sedot lemak. Dia menegaskan bahwa Dinkes hanya berwenang untuk mengeluarkan izin praktik.

"Yang lebih kompeten menjelaskan adalah perhimpunan, dalam hal ini Perdoksi atau bisa juga KKI (Konsil Kedokteran Indonesia). Kami Dinkes kewenangannya ketika melakukan visitasi untuk melihat persyaratan yang sudah disiapkan layanan klinik untuk bisa terbit izin oprasional," terangnya.

Mary menyampaikan bahwa WSJ klinik kecantikan tersebut melakukan tindakan sedot lemak dan mendapatkan izin dari Dinkes Kota Depok bermodalkan sertifikat pelatihan estetika.

"Kami sudah hubungi Perdoski (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin), apa saja kewenangan dokter umum untuk lakukan tindakan estetika. Memang terkait sedot lemak ada beberapa pendapat. Ada yang menyatakan sedot lemak kompetensi dokter spesialis, tapi ada yang menyatakan kalau mini liposuction bisa oleh dokter umum dengan sertifikat," tambah dia.

Baca Juga: Efek Samping Sedot Lemak Tak Main-main, Mulai Mati Rasa Hingga Meninggal Dunia

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #tewas #usai #sedot #lemak #selebgram #ella #nanda #ternyata #ditangani #oleh #dokter #umum

KOMENTAR